Peningkatan keterampilan berbicara dengan pendekatan komunikatif pada siswa kelas V di SDN Drenges I Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk / Elmy Arifina - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara dengan pendekatan komunikatif pada siswa kelas V di SDN Drenges I Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk / Elmy Arifina

Arifina, Elmy (2010) Peningkatan keterampilan berbicara dengan pendekatan komunikatif pada siswa kelas V di SDN Drenges I Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk / Elmy Arifina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifina Elmy. 2010. Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Pendekatan Komunikatif Pada Siswa Kelas V Di SDN Drenges I Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan KSDP S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sutansi M. Pd (II) Dra. Sri Nuryati M. Pd. Kata kunci berbicara kelancaran keruntutan komunikatif. Permasalahan dalam penelitian yang dilakukan di SDN Drenges I Kecama-tan Kertosono Kabupaten Nganjuk adalah guru di dalam meningkatkan keteram-pilan berbicara siswa masih menggunakan metode konvensial. Dalam pembel-ajaran anak belum terampil berbicara secara lancar dan runtut. Sehingga perlu diterapkan pendekatan komunikatif di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan ko-munikatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Drenges I mendeskripsikan penerapan komunikatif yang dapat meningkatkan kelancaran berbicara siswa kelas V SDN Drenges I dan mendeskripsikan penerapan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan keruntutan berbicara siswa kelas V SDN drenges I. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuali-tatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan da-lam 2 siklus. Untuk menjaring data diperoleh dengan cara observasi tes dan doku-mentasi. Teknik analisis data dengan cara metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pada masing-masing siklus ter-jadi peningkatan nilai hasil belajar pada aspek kelancaran dan keruntutan berbica-ra siswa. Hal ini terbukti dengan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa dalam aspek kelancar-an berbicara adalah 72 72% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar ada-lah 100%. Hal ini berarti telah terjadi peningkatan hasil kelancaran berbicara sis-wa sebesar 27 28%. Penerapan pendekatan komunikatif juga meningkatkan kerun-tutan berbicara siswa. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa dalam aspek keruntutan dalam berbicara adalah 81 81% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajarnya adalah 100%. Ini berarti telah terjadi peningkatan hasil ke-runtutan berbicara siswa sebesar 18 19%. Dari hasil PTK ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Drenges I dilaksanakan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang memaksimalkan potensi siswa untuk berbicara/berkomunikasi. Kegiatan-kegiatan tersebut seperti berdialog berdiskusi tanya jawab mengungkapkan pendapat/sanggahan menanggapi peristiwa/persoalan bercerita dan lain sebagainya. Penerapan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kelancaran dan keruntutan berbicara siswa kelas V SDN Drenges I Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103134

Actions (login required)

View Item View Item