Husna, Nurul Lailatul (2010) Peningkatan pembelajaran matematika melalui media papan paku dengan pendekatan STAD di kelas V SDN Gembongan 05 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar / Nurul Lailatul Husna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Husna Nurul Lailatul. 2010. Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Media Papan Paku Dengan Pendekatan STAD Di Kelas V SDN Gembongan 05 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sunyoto S.Pd M.Si. (II) Drs. Imam Hanafi M.M Kata Kunci Matematika Media Papan Paku Pendekatan Stad. Proses pembelajaran merupakan proses interaksi antara proses belajar dan mengajar yang dilakukan oleh pembelajar dan peserta didik dimana dalam proses pembelajaran itu harus berurutan. Jika proses pembelajaran itu bisa berjalan dengan baik dan efisien maka tujuan yang diinginkan oleh pembelajar juga akan berhasil dengan baik pula. Tujuan yang diinginkan itu diantaranya tingkat keberhasilan hasil belajar siswa. Namun pembelajaran saat ini banyak yang mengalami kegagalan yang salah satunya disebabkan oleh kurang tepatnya guru dalam memilih media pembelajaran dan bahkan tidak menggunakan media dalam mengajar. Salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa diantaranya adalah matematika.Oleh karena itu maka pada pembelajaran matematika media dianggap sebagi hal yang penting yang harus diperhatikan agar anak tertarik untuk mengikuti pelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi sementara yang telah dilakukan di SDN Gembongan 05 Blitar pada pembelajaran Matematika materi Bangun Datar diperoleh data sementara bahwa siswa belum seluruhnya menguasai konsep bangun datar. Hal itu ditandai dengan ketuntasan belajar siswa hanya ada 1 siswa yang dinyatakan tuntas belajar sedangkan yang belum tuntas sebanyak 13 siswa. Jika diprosentasekan hanya 8% siswa tuntas belajar dan 92% siswa belum tuntas belajar dari 14 siswa. Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Media Papan Paku Dengan Pendekatan Stad Di Kelas V SDN Gembongan 05 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar . Peneliti memilih menggunakan media papan paku dengan materi bangun datar karena media papan paku dianggap sebagai media yang tepat efektif dan efisian untuk mengajarkan materi bangun datar sehingga siswa akan merasa senang untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gembongan 05 Blitar. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi dokumentasi wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif meliputi proses makna tindakan dan pemaknaan. Kegiatan analisis meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus. Dengan menggunakan media papan paku dalam materi Bangun datar hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 8% menjadi 57% pada siklus I. Pada silus II ketuntasan hasil belajar mencapai 78 57%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunan media papan paku dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi Bangun datar. Untuk itu hendaknya para guru lebih kreatif dalam memilih media pembelajaran dan dalam pemilihan media tersebut hendaknya media yang dipilih harus tepat efektif dan efisian. Selain itu guru hendaknya bisa meminimalisir kelemahan atau kekurangan dari media pembelajaran yang telah dipilih demi tercapainya tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jan 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103108 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |