Sofeyah (2009) Peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui media kartu huruf di kelas I SDN Karangsentul I Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan / Sofeyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh skor nilai rata-rata yang didapat siswa kelas I SDN karangsentul I dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui media kartu huruf yang hanya mencapai nilai 5 8. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat siswa terhadap kemampuan menulis permulaan dan metode yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran tidak sesuai serta cenderung masih menggunakan metode ceramah sehingga aktiftas siswa kurang dan siswa hanya sebagai pendengar saja. Dalam penelitian ini peneliti mencoba menerapkan penggunaan media kartu huruf dengan tujuan (1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 di SDN karangsentul I Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan (2) Untuk mendiskripsikan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan di kelas I SDN Karangsentul I Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN Karangsentul I Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan dengan jumlah 50 siswa. Adapaun pelaksanaan penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus setiap siklus terdiri dari (1) Penggunaan kartu huruf dalam pembelajaran menulis permulaan (2) Hasil belajar dalam pembelajaran menulis (3) Hasil analisa dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan kartu huruf diperoleh pra tindakan 5 8 siklus I diperoleh nilai 74 siklus II diperoleh nilai 92 (1) Hasil belajar siswa dalam penggunaan kartu huruf meningkat ditandai dengan peningkatan aktifitas siswa dalam kerja kelompok berani dalam mengutarakan pendapat dan dapat menyelesaikan masalah (2) Siswa dalam penguasaan menggunaan kartu huruf meningkat terbukti diperolehnya skor bila rata-rata kelas mencapai 92. Kendala dalam menggunakan media kartu huruf Tidak adanya media pembelajaran daya ingat siswa yang berbeda-beda latar belakang sosial ekonomi orang tua yang berbeda cara penyampaian materi dan guru ke siswa yang hanya teori saja tidak menggunakan media pembelajaran. Di sarankan kepada guru untuk membiasakan menerapkan penggunaan kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan. Guru perlu memperhatikan hal-hal yang mendukung peningkatan hasil belajar dan aktifitas belajar. Kepada Kepala Sekolah agar dapat menyediakan yang diperlukan dalam penggunaan kartu huruf.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102688 |
Actions (login required)
View Item |