Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan media gambar di kelas IV SDN Sumberanyar IV Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Nanik Fadiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan media gambar di kelas IV SDN Sumberanyar IV Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Nanik Fadiah

Fadiah, Nanik (2010) Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan media gambar di kelas IV SDN Sumberanyar IV Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Nanik Fadiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fadiah Nanik.2009. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan media Gambar Di Kelas IV SDN Sumberanyar IV Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Wiwik Dwi Hastuti M.Pd (II) Muchtar S.Pd M.Si Kata kunci keterampilan menulis karangan deskripsi media gambar SD Berdasarkan studi awal peneliti dari pengalaman selama mengajar di sekolah dasar kelas empat mulai pada Juli 2006 ditemukan bahwa siswa dalam menulis deskripsi masih cenderung individu sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menulis. Kesulitan yang dialami siswa dalam menyusun karangan deskripsi yang dihasilkan dapat diidentifikasikan beberapa kelemahan yaitu (1) siswa belum mampu mengembangkan karangan sesuai dengan ciri karangan deskripsi (2) siswa masih belum dapat memilih kosakata yang tepat dalam mempertajam karangan deskripsinya (3) kualitas ide tulisan yang dihasilkan masih rendah dan (4) kemampuan siswa dalam mengorganisasi ide masih belum bertata dengan baik. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran Bahasa Indonesia menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar (2) apakah pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi. Tujuan PTK ini yaitu (1) mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar (2) mendeskripsikan peningkatan keteramplan menulis karangan deskripsi. Penelitian ini berbentuk Penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas4 komponen yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. PTK ini dilaksankan di kelas IV SDN Sumberanyar IV kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Kesimpulan dari PTK ini adalah (1) proses penerapan pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar ditempuh dengan langka-langkah sesuai dengan tahapan pengguaan media gambar (2) dengan penerapan media gambar pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan ketetamppilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Sumberanyar IV kecamatan Ngulig Kabupaten Pasuruan mengalami peningktan pada siklus I siswa yang mendapat nllai diatas 60 ada 32% sedangkan pada silus II siswa yang mendapat nilai diatas 60 mencapai 60%.. saran dari PTK ini yaitu dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar dapat diterapkan dan dikembangkan dengan baik di kels IV sesuai dengan langkah-langkah yang benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102668

Actions (login required)

View Item View Item