Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan KPK melalui karta bilangan teratur pada siswa kelas IV SDN Plososari 3 Grati Pasuruan / Badiatuz Zumroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan KPK melalui karta bilangan teratur pada siswa kelas IV SDN Plososari 3 Grati Pasuruan / Badiatuz Zumroh

Zumroh, Badiatuz (2010) Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan KPK melalui karta bilangan teratur pada siswa kelas IV SDN Plososari 3 Grati Pasuruan / Badiatuz Zumroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zuhroh B. 2009. Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menentukan KPK Melalui Kartu Bilangan Teratur pada Siswa Kelas IV SDN Plososari 3 Grati Pasuruan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Progam Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Setyo Winarni M.Pd (II) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd. Kata Kunci Meningkatkan KPK Pemecahan Masalah Kartu Bilangan SD Pendekatan pemecahan masalah merupakan cara memberikan pengertian dengan menstimulusi anak didik untuk memperhatikan menelaah dan berpikir tentang suatu masalah untuk selanjutnya menganalisis masalah tersebut sebagai upaya untuk memecahkan masalah. Hal ini berarti pendekatan pemecahan masalah dapat digunakan untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar Matematika supaya menjadi lebih baik. Tujuan penelitian yaitu untuk mendiskripsikan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam menentukan KPK suatu bilangan melalui pendekatan pemecahan masalah. Untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dan minat belajar Matematika setelah menggunakan pembelajaran pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rincian pelaksanaan pre tes satu kali pertemuan siklus I tiga kali pertemuan siklus II tiga kali pertemuan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran dibagi dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah 32 siswa kelas IV SDN Plososari 3 semester II tahun pelajaran 2008 s.d 2009. Penelitian ini menggunakan intrumen pedoman observasi lembar evaluasi (tes) dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisa secara kuantitatif dan kualitatif dan indikator keberhasilan dalam PTK ini adalah bila ketuntasan 75% secara klasikal. Yang dapat dilihat dalam penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar melalui kartu bilangan tidak teratur pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 61 6 meningkat menjadi 79 7 pada siklus II pembelajaran melalui kartu bilangan teratur dengan pendekatan pemecahan masalah. Disarankan kepada semua guru agar dapat menerapkan pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran supaya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102666

Actions (login required)

View Item View Item