Meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IV SDN Kedungringin IV Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Kasiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IV SDN Kedungringin IV Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Kasiono

Kasiono (2009) Meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IV SDN Kedungringin IV Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Kasiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kasiono. 2009. Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kedungringin IV Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Skripsi Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. Pembimbing (I) Prof. Dr. Moch. Shochib M.Pd. (II) Drs. M. Imron Rosyadi H. Sy S.Pd. M.Pd. Kata kunci Pembelajaran Kontekstual Prestasi Belajar IPS. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami sendiri apa yang dipelajarinya bukan mengetahuiya. Pembelajaran yang berorentasi target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetensi mengingat jangka pendek tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangkah panjang. Usaha yang dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa diperlukan suatu bentuk pembelajaran yang efektif dan efesien yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa. Pemilihan pendekatan pembelajaran sangat menentukan kualitas pembelajaran karena dengan pendekatan yang sesuai siswa akan lebih memahami hasil belajar yang akan bertahan dalam waktu yang relatif lama. Pembelajaran kontekstual merupakan salah satu yang dapat menjelaskan kemampuhan siswa terhadapa keadaan sosial. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran komtekstual pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Kedungringin IV kecamatan Beji kabupaten Pasuruan ( 2) mendeskripsikan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Kedungringin IV kecamatan Beji kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilasanakan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa. Secara klasikal terjadi peningkatan rata-rata sebesar 27 0 dari pra-tindakan dengan nilai 40 3 menjadi 67 3 pada siklus I dengan nilai 67 3 dan kenaikan rata-rata 13 9 dari siklus I dengan nilai 67 3 menjadi 81 2 pada siklus II. Prosentase jumlah siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan sebesar 35 3 % dari pra-tindakan dengan prosentase ketuntasan 17 6 % menjadi 52 9 % pada siklus I dan kenaikan sebesar 41.2 % dari siklus I dengan prosentase ketuntasan 52 9 % menjadi 94 1 % pada siklus II. Dari hasil tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan presatasi belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Kedungringin IV kecamatan Beji kabupaten Pasuruan Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) bagi guru diharapkan dapat menerapkan pendekatan kontekstual ini pada materi yang lain (2) bagi penelitian lanjut diharapkan dapat melakukan penelitian pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102645

Actions (login required)

View Item View Item