Peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris dengan media flash card pada siswa kelas IV SDN Menganto Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang / Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris dengan media flash card pada siswa kelas IV SDN Menganto Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang / Wijayanti

Wijayanti (2010) Peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris dengan media flash card pada siswa kelas IV SDN Menganto Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang / Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayanti. 2009. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Dengan Media Flash Card Pada Siswa Kelas IV SDN Menganto Kecamatan MojowarnoKabupaten Jombang Skripsi Program Studi S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dra. Ratna Tri Eka Agustina M.Pd. (II)Dra. Purwendarti M.Pd. Kata kunci Peningkatan Kosakata bahasa Inggris media pembelajaran Flash card. Sesuai hasil studi awal yang dilaksanakan di SDN Menganto di dapati bahwa penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV masih rendah. Rendahnya pengusaan kosakata ditandai adanya kesulitan di beberapa indikator yaitu siswa kurang mampu (1) mengucapkan dan menulis kata-kata dalam bahasa Inggris (2) menjawab pertanyaan dari guru (3) mengungkapkan ide/gagasan. Keadaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain (1) cara pengajaran guru yang masih monoton (2) guru tidak menggunakan media pembelajaran. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media yang tepat efektif dan menarik. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media flash card. Flash card merupakan media pembelajaran berbentuk kartu bergambar yang berukuran 25 x 30 cm. Dengan menggunakan media flash card ini diharapkan Penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa dapat meningkat. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penggunaan media flash card melalui aktivitas menyanyi dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Menganto Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang (2) Mendeskripsikan penggunaan media flash card melalui aktivitas bercerita dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Menganto Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang (3) Mendeskripsikan penggunaan media flash card melalui aktivitas permainan dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Menganto Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research) yang meliputi empat tahapan yaitu merencanakan melaksanakan tindakan mengamati dan evaluasi serta refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah catatan lapangan melalui kegiatan observasi hasil wawancara foto kegiatan rencana pelaksanaan pembelajaran dan nilai tes jawaban siswa. Sedangkan proses analisis data penelitian ini berpedoman pada langkah-langkah analisis data penelitian kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang dilakukan secara bersamaan yaitu (1) reduksi data (2) tabulasi data (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media flash card melalui aktivitas bernyanyi bercerita dan permainan dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Menganto kecamatan Mojowarno kabupaten Jombang secara keseluruhan dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa Peningkatan penguasaan kosakata tersebut dapat dilihat dari jumlah kosakata yang i dimiliki siswa pelafalan dan intonasi gagasan kelancaran siswa. Pada refleksi awal memperoleh nilai rata-rata kelas 46 pada siklus I rata-rata meningkat sebesar 21 % menjadi 67 sedangkan pada siklus II rata-rata kelas mengalami peningkatan lagi sebesar 19 % menjadi 86. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan penggunaan media flash card melalui aktivitas menyanyi memudahkan siswa dalam memahami cara melafalkan kata dan mengetahui makna kata yang dituliskan dalam lagu. Melalui aktivitas bercerita dapat membantu siswa dalam mengungkapkan ide atau gagasan saat membuat cerita. Penggunaan media pembelajaran flash card melalui permainan sangatlah menyenangkan dan dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Saran dari peneliti yaitu (1) guru hendaknya kreatif dalam memilih dan mengembangkan media yang tepat dalam pembelajaran (2) dalam pembelajaran bahasa Inggris guru hendaknya menggunakan metode tehnik dan pendekatan yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102631

Actions (login required)

View Item View Item