Penerapan metode eksperimen unyuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang perpindahan energi panas pada bidang studi sains kelas IV SDN Klenang Lor I Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo / Liling Nuryefi Rinjantina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode eksperimen unyuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang perpindahan energi panas pada bidang studi sains kelas IV SDN Klenang Lor I Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo / Liling Nuryefi Rinjantina

Rinjantina, Liling Nuryefi (2010) Penerapan metode eksperimen unyuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang perpindahan energi panas pada bidang studi sains kelas IV SDN Klenang Lor I Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo / Liling Nuryefi Rinjantina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rinjantina Liling Nuryefi. 2009. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Perpindahan Energi Panas pada Bidang Studi Sains Kelas IV SDN Klenang Lor I Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Skripsi Program Studi Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sa dun Akbar MPd (2). Dra. Hj. Sukamti M.pd Kata Kunci metode eksperimen pemahaman energi panas Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis dan studi lapangan sejak tanggal 27 Pebruari-21 April 2009 serta melakukan wawancara pada sebagian siswa ditemukan beberapa permasalahan yang dihadapi selama pembelajaran Sains berlangsung. Diantaranya siswa cenderung mempelajari konsep-konsep yang ada untuk dihafalkan dan selalu terpaku dalam buku pegangan/acuan saja. Begitu juga dengan metode yang digunakan oleh pengajar yang kerap kali menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan saja. Kondisi yang demikian mengakibatkan lemahnya minat siswa untuk mempelajari Sains yang berakibat rendahnya hasil belajar siswa karena kurangnya pemahaman materi yang kemudian akan menimbulkan lemahnya pemahaman konsep siswa dalam mempelajari Sains itu sendiri. Dengan menerapkan pembelajaran menggunakan metode eksperimen peneliti mencoba untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa yang masih dibawah standar serta mengurangi dominasi guru dalam pembelajaran dikelas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Selain itu dalam penelitian ini peneliti mempunyai tujuan agar nantinya setelah diadakannya pemberian tindakan pada setiap siklus akan menambah pemahaman siswa mengenai pembelajaran Sains terutama pada materi perpindahan energi panas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam 2 siklus. Yang masing-masing siklus terdiri dari empat fase yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Jenis tindakan yang dilakukan adalah dengan menerapkan metode eksperimen. Tindakan pada siklus I dan II difokuskan untuk meningkatkan pemahaman siswa Kelas IV SDN Klenang Lor I Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo dengan jumlah siswa adalah 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum diberikan tindakan presentase ketuntasan belajarnya hanya mencapai 16% saja. Sedangkan setelah diberikannya tindakan pada siklus II presentase ketuntasan belajarnya meningkat sebanyak 84%. Ini dapat dikatakan bahwa pemberian tindakan pada siklus II presentase ketuntasan pemahaman siswa adalah 100%. Dengan demikian dalam penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diatas hendaknya guru senantiasa dapat menerapkan metode eksperimen yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa kelas IV SDN Klenang Lor I Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102629

Actions (login required)

View Item View Item