Peningkatkan keterampilan berbicara bahasa inggris nelalui dialog dengan menggunakan media permainan wayang kartun di kelas V SD Negeri Kebonagung 02 Pakisaji-Malang / Siti Fatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatkan keterampilan berbicara bahasa inggris nelalui dialog dengan menggunakan media permainan wayang kartun di kelas V SD Negeri Kebonagung 02 Pakisaji-Malang / Siti Fatimah

Fatimah, Siti (2010) Peningkatkan keterampilan berbicara bahasa inggris nelalui dialog dengan menggunakan media permainan wayang kartun di kelas V SD Negeri Kebonagung 02 Pakisaji-Malang / Siti Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sesuai hasil studi pendahuluan dan pra tindakan yang dilaksanakan di SDN Kebonagung 02 diketahui bahwa ketrampilan berbicara bahasa Inggris siswa kelas V masih rendah. Rendahnya ketrampilan berbicara siswa ditandai dengan siswa kurang percaya diri kurangnya gagasan yang muncul berbicara sangat pelan dan tersendat- sendat. Hal ini disebabkan oleh metode dan teknik yang digunakan oleh guru kurang tepat serta tidak ada media yang digunakan saat pembelajaran. Untuk meningkatkan ketrampilan berbicara bahasa Inggris siswa digunakan media menarik dan dekat dengan dunia siswa. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media wayang kartun. Terdapat tiga tahapan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) medeskripsikan aktivitas berdialog dalam curah pendapat lisan yang dapat meningkatkan ketrampilan berbicara bahasa Inggris siswa dengan menggunakan media permainan wayang kartun 2) mendeskripsikan aktivitas dialog dalam bercerita yang dapat meningkatkan ketrampilan berbicara bahasa Inggris siswa dengan menggunakan media permainan wayang kartun dan 3) mendeskripsikan aktivitas dialog dalam bermain drama yang dapat meningkatkan ketrampilan berbicara bahasa Inggris siswa dengan menggunakan media permainan wayang kartun. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tahap penelitian meliputi perencanaan pelaksanaan hasil tindakan refleksi dan peningkatan. Keterbatasan peneliti membuat peneliti mengambil sampel dalam penelitian ini yaitu siswa yang berasal dari kelompok tinggi sedang dan rendah walupun demikian tindakan tetap dilakukan pada semua siswa yang ada di kelas V SD Negeri Kebonagung 02. Data dalam penelitian ini merupakan ketrampilan berbicara siswa pada aspek kelancaran mengemukakan gagasan volume suara keberanian pemahaman terhadap isi dan penguasaan kosakata tentang profesi. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketrampilan berbicara bahasa Inggris pada semua kelompok meningkat setelah tindakan pembelajaran dengan menggunakan wayang kartun dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I secara beturut- turut dari siswa kelompok rendah sedang dan tinggi mendapatkan nilai rata-rata 72 80 89 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 83 96 99. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketrampilan berbicara bahasa Inggris siswa dengan menggunakan media permainan wayang kartun dapat meningkatkan ketrampilan berbicara siswa. Saran kepada guru agar dapat menggunakan media wayang kartun dalam pembelajaran berbicara bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102607

Actions (login required)

View Item View Item