Upaya meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III di SDN Sidodadi 02 Lawang melalui penerapan model kooperatif jenis numbered heads together (NHT) / Luhana Dia Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III di SDN Sidodadi 02 Lawang melalui penerapan model kooperatif jenis numbered heads together (NHT) / Luhana Dia Pertiwi

Pertiwi, Luhana Dia (2010) Upaya meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III di SDN Sidodadi 02 Lawang melalui penerapan model kooperatif jenis numbered heads together (NHT) / Luhana Dia Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pertiwi Luhana. 2009. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III Di SDN Sidodadi 02 Lawang Melalui Penerapan Model Kooperatif Jenis Numbered Heads Together (NHT). Skripsi Jurusan S1-PGSD FIP Universitas Negeri Malang Dosen pembimbing (I) Drs. Sutarno M.Pd dan (II) Drs. Toha Mashudi M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Model Kooperatif Jenis Numbered Heads Together Hasil Belajar Berdasarkan observasi dan hasil wawancara dengan guru bidang studi IPS di SDN Sidodadi 02 Lawang-Malang diperoleh informasi bahwa hasil belajar sebagian besar siswa dalam mata pelajaran IPS tergolong masih rendah. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang sering mengikuti remidi karena skor yang diperoleh kurang memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM) yang ditetapkan di SDN Sidodadi 02 Lawang-Malang. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran model kooperatif jenis Numbered Heads Together (NHT). Pembelajaran model kooperatif jenis Numbered Heads Together (NHT) melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pembelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Sidoadi 02 Lawang-Malang melalui penerapan pembelajaran model kooperatif jenis Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2009 sampai dengan tanggal 4 April 2009. Data penelitian berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata kelas sebesar 77 10 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 68 42% sedangkan pada siklus II skor rata-rata kelas meningkat menjadi 82 5 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86 48%. Skor rata-rata kelas mengalami persentase peningkatan sebesar 5 4% sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal mengalami persentase peningkatan sebesar 18 06%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model kooperatif jenis Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Sidodadi 02 Lawang-Malang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bahwa guru dapat menggunakan pembelajaran model kooperatif jenis Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan yang lain (selain mengenal jenis-jenis pekerjaan) serta pada jenjang pendidikan yang lain untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102577

Actions (login required)

View Item View Item