Evaluasi Pendidikan Pemakai Di Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan / Fidiya Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi Pendidikan Pemakai Di Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan / Fidiya Aini

Aini, Fidiya (2018) Evaluasi Pendidikan Pemakai Di Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan / Fidiya Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aini Fidiya. 2018. Evaluasi Pendidikan Pemakai Di Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd (II) Amalia Nurma Dewi S.Sos. M.Hum. Kata Kunci Evaluasi Pendidikan Pemakai Perpustakaan Umum Layanan pendidikan pemakai sudah disediakan oleh Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan tetapi belum berjalan sebagaimana fungsinya. Hal tersebut menyebabkan pengguna kurang memahami dan memanfaatkan perpustakaan. Berdasarkan data statistik perpustakaan terkait pengunjung dan peminjam jika dikaitkan dengan jumlah penduduk Kabupaten Lamongan yang berjumlah 1.187.795 jiwa maka hanya 25 7% yang berkunjung dan memanfaatkan layanan perpustakaan sehingga pemanfaatan perpustakaan masih dikatakan kurang. Oleh karena itu perlu diadakan pendidikan pemakai karena pendidikan pemakai merupakan awal pengetahuan yang diperoleh calon pengguna untuk mengetahui dan memanfaatkan perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pendidikan pemakai pada Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan menggunakan perspektif pustakawan dan pemustaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif evaluatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan telaah dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan mengolah membaca seluruh data kodifikasi mendeskripsikan informasi berdasarkan tema menyajikan hasil analisis dan menginterpretasikan data hasil analisis. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pendidikan pemakai menggunakan dua metode yaitu secara langsung meliputi wisata perpustakaan perpustakaan keliling dan event-event tertentu sedangkan secara tidak langsung dilakukan menggunakan media. Kurangnya perencanaan yang matang mulai dari perencanaan jadwal pelaksanaan materi pengorganisasian pustakawan serta penyampaian dalam pendidikan pemakai membuat kegiatan tersebut tidak berjalan sesuai dengan visi dan misi program pendidikan pemakai. Meski begitu antusiasme pengguna sangat tinggi dalam memanfaatkan perpustakaan setelah memperoleh pendidikan pemakai. Saran bagi Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan antara lain pustakawan diharapkan mengikuti workshop mengenai pendidikan pemakai agar dapat merencanakan jadwal dan kegiatan pendidikan pemakai secara rutin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10257

Actions (login required)

View Item View Item