Penerapan pembelajaran matematika yang berorientasi pada teori belajar Bruner untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan senilai siswa kelas IV SDN Jatimulyo 3 Malang / Indah Yulaikah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran matematika yang berorientasi pada teori belajar Bruner untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan senilai siswa kelas IV SDN Jatimulyo 3 Malang / Indah Yulaikah

Yulaikah, Indah (2010) Penerapan pembelajaran matematika yang berorientasi pada teori belajar Bruner untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan senilai siswa kelas IV SDN Jatimulyo 3 Malang / Indah Yulaikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulaikah Indah. 2008. Penerapan Pembelajaran Matematika yang Berorientasi pada Teori Belajar Bruner untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Senilai Siswa Kelas IV SDN Jatimulyo 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi Jurusan S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Sutama M.Pd. (II) Drs. Thomas Irianto S.Pd M.Pd. Kata kunci Pembelajaran Matematika teori belajar Bruner konsep pecahan senilai. Pada standar isi dari standar nasional pendidikan 2006 materi bilangan pecahan di sekolah dasar diajarkan mulai kelas III sampai kelas VI. Hasil penelitian pendahuluan yang dilakukan peneliti menunjukan pemhaman siswa kelas IV SDN Jatimulyo 3 tahun ajaran 2007/2008 terhadap pecahan senilai relative rendah hal ini berkaitan dengan pembelajaran yang dilakukan guru selama ini masih konvensional. Untuk itu perlu adanya alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pecahan senilai yang salah satunya adalah Pembelajaran Matematika yang Berorientasi pada Teori Belajar Bruner. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemahaman siswa kelas IV SDN Jatimulyo 3 terhadap pecahan senilai sebelum diterapkannya teori pembelajaran Bruner dalam pembelajaran matematika (2) mendeskripsikan peningkatkan pemahaman konsep pecahan senilai siswa kelas IV SDN Jatimulyo 3 setelah penerapan pembelajaran matematika yang berorientasi pada teori belajar Bruner (3) mendeskripsikan dampak penerapan pembelajaran matematika yang berorientasi pada teori belajar Bruner terhadap terhadap suasana pembelajaran konsep pecahan senilai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK/ classroom action research). Langkah PTK ini meliputi dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jatimulyo 3 berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes formatif observasi dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang cukup tinggi pada pemahaman konsep pecahan senilai siswa kelas IV SDN Jatimulyo 3. Hal itu dilihat dari ketuntasan belajar kelompok yang pada skor awal (pre tes) 25 7 % meningkat menjadi 80 % pada siklus I dan pada siklus II menjadi 85 71 %. Hasil nilai rata-rata siswa pada siklus I mengalami peningkatan 44 43 % dari kondisi awal dan pada siklus II meningkat 62 6 % dari kondisi awal. Dampak penelitian ini dapat membuat siswa aktif antusias senang dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran serta menciptakan interaksi kelompok yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika yang berorientasi pada teori belajar Bruner dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Jatimulyo 3 terhadap pecahan senilai dan berdampak membuat siswa aktif antusias senang dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. serta menciptakan interaksi kelompok yang tinggi. Dari kesimpulan tersebut disarankan kepada (1) guru agar menggunakan teori belajar Bruner dalam pembelajaran matematika (2) peneliti selanjutnya melakukan penelitian serupa dalam ruang lingkup yang lebih luas dengan ditunjang dengan teori-teori yang lebih aktual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102556

Actions (login required)

View Item View Item