Peningkatan prestasi belajar matematika pada konsep pecahan dengan menggunakan media benda konkret di kelas III SDN Karanganyar 01 Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Hajija Rumatamerik - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar matematika pada konsep pecahan dengan menggunakan media benda konkret di kelas III SDN Karanganyar 01 Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Hajija Rumatamerik

Rumatamerik, Hajija (2010) Peningkatan prestasi belajar matematika pada konsep pecahan dengan menggunakan media benda konkret di kelas III SDN Karanganyar 01 Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Hajija Rumatamerik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rumatamerik Hajija 2009. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika pada Konsep Pecahan Melalui Media Benda Konkret Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Karanganyar 01 Kecematan Kraton Kabupaten Pasuruan Tahun pelajaran 2008/2009. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang pembimbing (I). Dra. Harmini M.Pd (II).Drs. Rumidjan M. Pd Kata Kunci Pembelajaran bilangan pecahan media benda konkret peningkatan prestasi Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa kelas III SDN Karanganyar 01 terhadap pembelajaran pecahan . Rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep pecahan di mungkinkan oleh faktor penyajian dalam pembelajaran metode mengajar dan penggunaan media yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika pada konsep pecahan dengan menggunakan media benda konkret di kelas III SDN Karanganyar 01 kecamatan kraton kabupaten pasuruan 2) mendeskripsikan dan mengkaji peningkatan pemahaman siswa kelas III SDN Karanganyar 01 terhadap konsep pecahan setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media benda konkret. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus. Masing masing siklus terdiri dari 1) Perencanaan 2) Tindakan 3) Observasi dan 4) Refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi wawancara dan hasil tes siklus I-II. Sumber data adalah siswa kelas III SDN Karanganyar 01 dengan subjek penelitian berjumlah 34 siswa. Jika siswa yang belum berhasil pada siklus awal maka diberi remidi bahkan layanan khusus sampai berhasil mencapai keberhasilan individu dengan nilai 79 dan keberhasilan secara klasikal mencapai 95% dari jumlah siswa. Dalam pembelajaran matematika konsep pecahan peneliti menggunakan model pembelajaran PAKEM metode yang bervariasi dan media benda konkret yang dekat dengan linkungan siswa. Hasil penelitian (1) Pembelajaran matematika konsep pecahan dengan menggunakan media benda konkret siswa termotivasi belajar konsep pecahan siswa berani mengerjakan soal dipapan tulis dan mengomentari pekerjaan teman siswa menemukan konsep pecahan sendiri siswa aktif mengeluarkan gagasan dan siswa adu cepat mengerjakan soal (2) peningkatan prestasi belajar matematika konsep pecahan nampak dari nilai tes awal rata-rata 33 35% setelah diberi tindakan siklus I-II nilai siswa mencapai 95 56 terjadi peningkatan prestasi belajar matematika konsep pecahan yang signifikan yaitu 62%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat menyimpulkan bahwa 1) Penggunaan media benda konkret pada pembelajaran matematika konsep pecahan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN Karanganyar 01 terbukti dengan adanya nilai tes kondisi awal atau pre test yang hanya 33 35 setelah diberi tindakan tes siklus I-II nilai siswa mencapai rata-rata 95 56. jadi peningkatan prestasi belajar matematika pada konsep bilangan pecahan melalui pembelajaran menggunakan media benda konkret mencapai peningkatan sebesar 62%. Dengan tingkat perkembangan presentase rata-rata nilai 62% membuktikan bahwa terjadi peningkatan prestasi balajar matematika pada bilangan pecahan yang sangat signifikan pada siswa kelas III SDN Karanganyar 01 kecematan kraton kabupaten pasuruan 2008/2009 Sejalan dengan tujuan diatas maka disarankan bahwa 1) Guru hendaknya menggunakan media benda konkret dalam mengajarkan bilangan pecahan pada mata pelajaran Matematika 2) Guru hendaknya terampil dan kreatif mendesain dan membuat media pembelajaran matematika konsep bilangan pecahan yang berupa tiruan benda konkret agar siswa senang belajar matematika 3) Dalam proses pembelajaran matematika konsep pecahan guru hendaknya melibatkan seluruh siswa dalam menggunakan media benda konkret agar siswa mampu menemukan konsep pecahan sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102523

Actions (login required)

View Item View Item