Peningkatan pengembangan menulis karangan bebas siswa kelas V melalui pendekatan komunikatif di SDN Modangan 05 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Richa Andriana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pengembangan menulis karangan bebas siswa kelas V melalui pendekatan komunikatif di SDN Modangan 05 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Richa Andriana Sari

Sari, Richa Andriana (2009) Peningkatan pengembangan menulis karangan bebas siswa kelas V melalui pendekatan komunikatif di SDN Modangan 05 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Richa Andriana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari R. A. 2009. Peningkatan Pengembangan Menulis Karangan Bebas Siswa Kelas V Melalui Pendekatan Komunikatif Di SDN Modangan 05 Kecama-tan Nglegok Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Da-sar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhel Madyono S. Pd. M. Pd. (II) Drs. Sri Nuryati Mp. Pd. Kata kunci prestasi belajar menulis karangan bebas pendekatan komunikatif. Pendekatan komunikatif merupakan salah satu pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa da-lam pengembangan menulis karangan bebas. Untuk mengetahui adanya peningka-tan prestasi belajar siswa maka dilakukan dengan penerapan pendekatan komuni-katif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dalam pengembangan menulis karangan bebas melalui pendekatan komunikatif siswa kelas V Sekolah Dasar. Selain itu penelitian ini juga diharapkan dapat digu-nakan oleh pada guru membantu dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah yaitu pada materi pokok pengembangan menulis karangan bebas. Penelitian ini dilakukan di SDN Modangan 05 Kecamatan Nglegok Kabu-paten Blitar tanggal 22 Oktober 2008 sampai 12 Januari 2009. Rancangan peneli-tian yaitu dilakukan melalui tahap siklus. Di mana setiap siklus terdiri dari peren-canaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Sebelum dilaksanakan tahap siklus terlebih dahulu dilakukan studi pendahuluan yaitu melalui pra tindakan sebagai awal identifikasi masalah. Analisis data penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar sis-wa kelas V dalam pengembangan menulis karangan bebas melalui pendekatan komunikatif. Peningkatan prestasi belajar terjadi baik secara individu maupun kla-sikal. Peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa secara individu pada pra tinda-kan yaitu 65 45 % meningkat menjadi 70 09 % pada siklus I kemudian dari siklus I yaitu 70 09 % meningkat menjadi 77 77 % pada siklus II. Sedangkan secara klasikal pada pra tindakan yaitu 22 72 % meningkat menjadi 59 % pada siklus I kemudian dari siklus I yaitu 59 % meningkat menjadi 82 % pada siklus II. Sehing-ga ada 17 siswa yang tidak tuntas pada pra tindakan ada 9 siswa yang tidak tuntas pada siklus I dan 4 siswa yang tidak tuntas pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan yaitu bagi para guru un-tuk menggunakan pendekatan komunikatif pada pembelajaran pengembangan me-nulis karangan bebas bagi sekolah untuk lebih bekerja keras dalam meningkatkan mutu pendidikan secara kreatif dan inovatif bagi pemerintah untuk memberikan motivasi dan sarana prasarana yang mendukung pada sekolah dan bagi peneliti lain agar menggunakan pendekatan komunikatif dalam penelitiannya tentang pembelajaran pengembangan menulis karangan bebas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102516

Actions (login required)

View Item View Item