Penanaman konsep keliling persegi panjang melalui pendekatan realistic mathematic education pada siswa kelas III di SDN Darungan 01 Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar / Siti Fatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penanaman konsep keliling persegi panjang melalui pendekatan realistic mathematic education pada siswa kelas III di SDN Darungan 01 Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar / Siti Fatimah

Fatimah, Siti (2009) Penanaman konsep keliling persegi panjang melalui pendekatan realistic mathematic education pada siswa kelas III di SDN Darungan 01 Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar / Siti Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil diskusi dengan guru sebelum melaksanakan penelitian ini siswa sering melakukan kesalahan konsep mencari keliling persegi panjang misalnya dengan mengalikan panjang sisi sisi persegi panjang. Berdasarkan hal hal diatas peneliti berusaha menemukan segala sesuatu yang melatar belakangi beserta pemecahannya khususnya pada materi keliling persegi panjang dengan menggunakan pendekatan realistic mathematic education. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui (1)gambaran tentang pemahaman konsep keliling persegi panjang pada siswa kelas III SDN Darungan 01 melalui pendekatan realistic mathematic education (2)Mengetahui gambaran tentang hasil belajar siswa kelas III SDN Darungan 01 pada penanaman konsep keliling persegi panjang melalui pendekatan realistic mathematic education. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan memberikan pengalaman belajar yang mencerminkan pembelajaran realistic matematika yaitu pemanfaatan pengalaman nyata dalam kehidupan sehari hari. Untuk melaksanakan tindakan ini disusunlah rencana tindakan melalui 2 siklus Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat antara lain (1) untuk dapat dijadikan bahan masukkan dalam mempelajari konsep keliling persegi panjang pada khususnya (2) dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi lembaga pendidikan dalam menentukan kebijakan untuk perencanaan penyelenggaraan pendidikan (3) sebagai langkah lanjut untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang berorientasi pada RME untuk pokok bahasan keliling persegi panjang siswa kelas III SD melalui kegiatan 1) mengelilingi halaman sekolah dengan berjalan kaki 2) menghitung keliling benda yang ada disekitar 3) menghitung keliling triplek dengan ukuran yang berbeda beda 4) menggambar dan membuat persegi panjang Data dalam penelitian diambil dari hasil evaluasi pada tiap akhir siklus pembelajaran sedangkan data tersebut dalam bentuk angka angka yang disajikan dalam tabel. Dengan demikian untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam pembelajaran keliling persegi panjang dapat dilihat dari pencapaian nilai dan ketuntasan siswa pada tiap tiap siklus. Untuk siklus I dengan jumlah 24 siswa diperoleh siswa yang tuntas belajar 15 siswa dengan prosentase 62 5%. Pada siklus ke II dengan jumlah 24 siswa diperoleh siswa yang tuntas belajar 20 siswa dengan prosentase 83 3%. Dengan demikian kegiatan belajar mengajar dapat diketahui bahwa pengajaran yang dilakukan telah berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102508

Actions (login required)

View Item View Item