Peningkatan pemahaman konsep bilangan pecahan dengan media benda asli dan gambar bagi siswa kelas III SD Muhammadiyah 6 Mergosono Kota Malang tahun pelajaran 2007/2008 / Lusiana Chandra Erwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep bilangan pecahan dengan media benda asli dan gambar bagi siswa kelas III SD Muhammadiyah 6 Mergosono Kota Malang tahun pelajaran 2007/2008 / Lusiana Chandra Erwanti

Erwanti, Lusiana Chandra (2010) Peningkatan pemahaman konsep bilangan pecahan dengan media benda asli dan gambar bagi siswa kelas III SD Muhammadiyah 6 Mergosono Kota Malang tahun pelajaran 2007/2008 / Lusiana Chandra Erwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Chandra Erwanti Lusiana. 2008. Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Pecahan dengan Media Benda Asli dan Gambar Bagi Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 6 Mergosono Kota Malang Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi Jurusan KSDP Program Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Ahmad Samawi M.Hum (II) Drs. H Izhar Hasis. Kata Kunci bilangan pecahan media benda asli dan gambar. SD Muhammadiyah 6 Mergosono Kota Malang merupakan sekolah yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang diberlakukan mulai tahun ajaran 2006-2007. Di dalam kurikulum 2006 konsep bilangan pecahan diajarkan pada siswa kelas III mulai semester II. Berdasarkan hasil observasi penelitian di SD Muhammadiyah 6 pemahaman konsep bilangan pecahan siswa kelas III SD Muhammadiyah 6 ditemukan kondisi tentang rendahnya motivasi dan aktivitas belajar siswa di dalam kelas yang cenderung ramai dan tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan pecahan bagi siswa kelas III SD Muhammadiyah 6 dengan pembelajaran yang menggunakan media benda asli dan gambar. Subyek penelitian ini ialah siswa kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 Tahun Pelajaran 2007-2008. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan Tindakan (3) Observasi dan (4) Refleksi. Jika ada siswa yang belum berhasil pada siklus awal diberi remidi pada siklus berikutnya sampai pembelajaran berhasil dan keberhasilan mencapai 75% atau lebih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep bilangan pecahan. Pada tes awal menunjukkan nilai pemahaman konsep bilangan pecahan sebagian besar keberhasilannya mencapai 25% memiliki skor tes awal dengan nilai rata-rata 52 92 (dikategorikan kurang). Setelah belajar dengan menggunakan media benda asli dan gambar pemahaman konsep bilangan pecahan pada siklus I sebagian besar keberhasilannya mencapai 46% nilai rata-rata meningkat menjadi 64 79 (dikategorikan cukup) pada siklus II pemahaman konsep bilangan pecahan sebagian besar keberhasilannya mencapai 54 % nilai rata-rata meningkat menjadi 68 54 (dikategorikan cukup) dan pada siklus III pemahaman konsep bilangan pecahan sebagian besar keberhasilannya mencapai 83% nilai rata-rata meningkat menjadi 76 25 (dikategorikan baik). Dengan demikian pemahaman konsep bilangan pecahan baik nilai rata-rata tes awal nilai rata-rata pada siklus I nilai rata-rata pada siklus II dan nilai rata-rata pada siklus III pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 6 Mergosono Kota Malang dapat dikatakan ada peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) penggunaan media benda asli dan gambar dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep bilangan pecahan (2) peningkatan pemahaman siswa tentang konsep bilangan pecahan tercermin pada peningkatan nilai hasil tes setelah tindakan. Nilai siswa rata-rata naik 23 33 (3) pembelajaran yang melibatkan siswa tahap demi tahap membuat pembelajaran menjadi menarik. Saran-saran berdasarkan hasil penelitian ini hendaknya guru (1) menggunakan media benda asli dan gambar dalam pembelajaran konsep bilangan pecahan (2) melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran (3) pandai memilih membuat dan mengembangkan media serta kreatif dan dinamis dalam pembelajaran. (4) menggunakan pendekatan yang sesuai dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102452

Actions (login required)

View Item View Item