Rodiyah, Ning (2009) Peningkatan kemampuan menulis jurnal pribadi melalui strategi pemodelan di kelas III MI Wahid Hasyim Dau Kab. Malang / Ning Rodiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berbahasa merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki dan dikuasai dalam berkomunikasi. Kemampuan menulis harus dikuasai oleh siswa kelas III salah satunya adalah ketrampilan menulis jurnal pribadi. Hal ini dilakukan karena melalui kegiatan menulis seseorang dapat menyampaikan ide pesan pendapat dan peristiwa kepada pembaca dalam bentuk tulisan. Guru dituntut merencanakan metode yang dapat menimbulkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan strategi pemodelan dalam pembelajaran bahasa Indonesia menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan menulis jurnal pribadi di kelas III MI Wahid Hasyim. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan strategi pemodelan untuk meningkatan ketrampilan menulis jurnal pribadi (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis jurnal pribadi melalui strategi pemodelan. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc.Taggart melalui dua siklus (siklus I dan siklus II). Tiap siklus meliputi empat alur tindakan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (refleksi). Fokus penelitian adalah peningkatan kemampuan menulis jurnal pribadi melalui strategi pemodelan di kelas III MI Wahid Hasyim Dau Kab. Malang. Subyek penelitian tindakan siswa kelas III MI Wahid Hasyim Dau Kab. Malang yang berjumlah 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pengamatan wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Siklus tindakan pembelajaran dihentikan jika telah mencapai kreteria ketuntasan sebesar 80% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor minimal 70. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis jurnal pribadi melalui strategi pemodelan (a) prestasi hasil belajar siswa (pra tindakan) menunjukkan 15 orang siswa terdapat 13 (87%) orang siswa memperoleh skor dibawah nilai standar dan hanya 2 orang siswa (13%) orang siswa memperoleh skor di atas nilai standar pada siklus I terdapat peningkatan yaitu 8 (53%) orang siswa memperoleh skor dibawah nilai standar dan hanya 7 (47%) orang siswa memperoleh skor di atas nilai standar sedangkan pada siklus II 15 (100%) orang siswa memperoleh nilai diatas batas minimal yaitu 70. (b) kemampuan guru dalam merancang RPP pada siklus I memiliki kreteria baik (88 2) dan meningkat pada siklus II dengan kreteria sangat baik (95 5) (c) kemampuan guru dalam pelaksanaan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102435 |
Actions (login required)
View Item |