Literasi informasi mahasiswa S1 Ilmu Perpstakaan Universitas Negeri Malang menggunakan model The Empowering Eight (E8) / Rona Irlando Krisna - Repositori Universitas Negeri Malang

Literasi informasi mahasiswa S1 Ilmu Perpstakaan Universitas Negeri Malang menggunakan model The Empowering Eight (E8) / Rona Irlando Krisna

Krisna, Rona Irlando (2018) Literasi informasi mahasiswa S1 Ilmu Perpstakaan Universitas Negeri Malang menggunakan model The Empowering Eight (E8) / Rona Irlando Krisna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Krisna Rona Irlando. 2017. Literasi Informasi Mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang Menggunakan The Empowering Eight Models . Skripsi Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan Jurusan sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. Titik Harsiati M.Pd. (II) Setiawan S.Sos. M.IP Kata Kunci literasi informasi Ilmu Perpustakaan Empowering Eight (E8) kemampuan literasi informasi Penguasaan literasi informasi bagi tiap individu dipandang sangat penting khususnya bagi seorang mahasiswa dalam penunjang proses pembelajaran sehingga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari program pendidikan. Untuk mengetahui tingkat literasi mahasiswa dapat menggunakan model literasi informasi salah satunya adalah The Empowring Eight Models (E8). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat literasi informasi mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang menggunakan Model literasi Empowering Eight. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan yang berjumlah 221. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling (penarikan sampel secara acak) . Sampel penelitian ini adalah 70 mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistic. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan perhitungan rumus persentase dan perhitungan Skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan kemampuan literasi informasi mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang masuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 2 96. Adapun hasil skor rata-rata yang diperoleh dari masing-masing komponen adalah sebagai berikut (1) kemampuan identifikasi dengan perolehan skor 3 13. (2) kemampuan eksplorasi dengan perolehan skor 2 80. (3) kemampuan seleksi dengan perolehan skor 2 66. (4) kemampuan organisasi dengan perolehan skor 2 82. (5) kemampuan menciptakan dengan perolehan skor 3 17. (6) kemampuan menyajikan dengan perolehan skor 2 96. (7) kemampuan menilai dengan perolehan skor 2 93. (8) kemampuan menerapkan dengan perolehan skor 2 93. Berdasarkan hasil analisis skor rata-rata terendah terdapat pada komponen eksplorasi yaitu 2 80. Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa terhadap komponen eksplorasi mahasiswa harus dibekali pengertian tentang pentingnya menentukan sumber informasi yang disesuaikan dengan topik yang dipilih cara menemukan informasi yang tepat berdasarkan sumber informasi yang sesuai dan melakukan wawancara kunjungan lapangan atau penelitian diluar lapangan yang bertujuan untuk menambah data. Dalam hal ini peran dosen sangat berpengaruh dalam membimbing mahasiswa dosen diharapkan mampu menanamkan literasi viii informasi dan melakukan monitoring kemampuan literasi informasi mahasiswa terhadap mahasiswa melalui tugas-tugas yang dikerjakan oleh mahasiswa. Monitoring ini bermanfaat untuk mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhirnya yaitu skripsi. Selain itu dosen juga diharapkan dapat memberi materi tentang strategi penelusuran informasi dalam satu mata kuliah hal ini bertujuan agar para mahasiswa mengetahui cara menelusur informasi yang tepat dan relevan dalam memenuhi kebutuhan informasinya. Dosen juga dapat memberikan sanksi yang tegas apabila terdapat mahasiswa yang melakukan plagiasi pada tugas yang mereka kerjakan. Sanksi tersebut bertujuan untuk mengajarkan dan mengingatkan pada mahasiswa agar plagiasi tidak dilakukan pada saat pengerjaan tugas akhir atau skripsi atau dapat dikatakan sebagai pencegahan plagiasi sejak dini. Dalam meningkatkan literasi mahasiswa peran mahasiswa juga sangat berpengaruh. Mahasiswa diharapkan sadar diri terhadap menerapkan keterampilan literasi informasi setiap mengerjakan tugas kuliah dan mengerjakan tugas akhir. Mahasiswa dianjurkan untuk membuat komunitas yang bergerak di bidang literasi informasi hal ini untuk memudahkan mahasiswa untuk bertukar informasi saat mengerjakan tugas maupun dalam hal yang lainnya. Bahkan menjadi lebih baik jika komunitas tersebut dapat melakukan hal yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10242

Actions (login required)

View Item View Item