Problematika pembelajaran pembagian bersusun bilangan cacah <BR>kelas IV di SD Negeri Merjosari II Kecamatan Lowokwaru Kota <BR>Malang tahun palajaran 2003-2004 / oleh Nurul Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika pembelajaran pembagian bersusun bilangan cacah <BR>kelas IV di SD Negeri Merjosari II Kecamatan Lowokwaru Kota <BR>Malang tahun palajaran 2003-2004 / oleh Nurul Lestari

Lestari, Nurul (2005) Problematika pembelajaran pembagian bersusun bilangan cacah <BR>kelas IV di SD Negeri Merjosari II Kecamatan Lowokwaru Kota <BR>Malang tahun palajaran 2003-2004 / oleh Nurul Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan pendidikan dasar y aitu memberikanb ekal kemampuand asark epada murid un-tukm engembangkanke hidupans ebagapi ribadi anggotam asya rakar w arga negara dan anggota umat manusia serta mimpersiapkan murid untut mengituti pendidikan menengah. pelajaran matematika idaluh salah satu pelajaran intuk mencapatiu juan tersebut.K enyataand i lapanganb anyak siswa yang mengalami kesulitand alamp elajaranm atematikaD. ilain pihak g.r lugu mengatamki esulitan dalamm emilihs trategyi angt epatu ntukk egiatanp embelajiranm ateiratika. Berdasarkans tudi pendahuluano leh peneliti pada siswa kelsa IV SDN. Mpeemrjobsaagriai nIbI e rmsuassuihn s beahninygagk as sliwswa a myaenligk umkaenn gkaelasamlal hkaensu dlaitlaanm dmaeranmye loepsearikaasni pembagtanb ersusunb ilangan cacah. palam hal ini peneliti merumuskanm asalah sebagabi erikut (l) Kesulitana pa saja yang dihadapis iswa dalam menyelesaikan 9ry. ti pembagian bersusun bilangan cacah (2) epatatr penyebab kesuiitan yang (d3ih) asdtra-aptise isgrrpa e dmablaemla mjaerannya epleas yaaiknagn oo paepraats oip taetmcubtacgainag nub reur i.dra. l amui tmunegirabnac natuc ashisd wana menyelesaikaonp erasip embagianb ersusunb ilanganc acah. Penelitianin i bertujuanu ntuk mengetahuijenisk esulitan p enyebabk esulitan danm emjlih strategiy alg tepat dalam pembelajaranp embagian b i.rrr birangan cacah kelas IV di sD Negeri Merjosari II Malang. peneli-tian ini menggunakan ppeenndeeliktiaatnain nki uaadlaitlaathifs idsewnagK aenlj aesnI iVs psDenNe.l iMtiaen otisnadrai kIIa Kn ekcealams.a staunmL obwero dkawtaar duKa loatma Malang. Pengumpulan data di rapangan dilakukan dengan observasi angket wawancara catatan lapangan dan hasil pekerjaan siswa selama tindakan pppeeenmmdbbeeaklg.a Tijaainnrbad enar.ks Tauinns du3an bkt eialannnt adgnialgan kpt iuegkmaa bnaa ngsgeiakbana dbnbeynrasgkua stinugb nailb .u ilnTingingada ansk aaetnum apln agi dkaaann dg ek2na g tdeaennnct aganarign bilangan.s atu angka denganc ara pendek.A narisad ata iemuan p tit n selama tindakanb erlangsungd ilakukan segi.a seterahti ndakand iadakan. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwa( 1) kesulitany angd ihadapis iswad alam poeprekraalsiaip ned manb apgeimanbb aegrisaunss eurntb ai lkaensgualinta cna pcraohs aeddaulra (h 2 k) epiuelniiyaenb daablnaymaa draaklaah s diasswaar belum memahami fakta dasar perkalian dan pembagian e.ta beium memahami prosedur pembagian bersusun bersusun ( 3) pembelajarany ang membuats iswa memahami pembagianb ersusund an siswad apat belajar bermakna dalah( l) Mengingatkan faktad asarp erkaliand an fakta dasarp embagian( 2 ) Menyajikanm aterip embagian bilangany ang terdiri dari tiga angkad enganb irangans aiu-angkad an pembagian bifangane mpata ngkad gnganb ilangans atua ngka 1 i tvtenggunakaanla t peragad an (4) Menggunakamn etodep embelajarayna ngb ervariasiv artug abungand ari metode ceramaht a nyaj awab demonstrasik e a kelompokd an pemberiant ugas. Di kuasainya pembagian bersusun oleh siswa dapat diketahui dari semua siswa-telah dapat menge akan pembagian bersusun bilangan cacah dengan cara pendek dengan benar. Berdasarkanh asil penelitiand isarankan a gard alam pembelajaranp embagian bersusunb ilanganc acahp erlu pemahamante ntangf akta dasarp erkaliand an fakta dasar pembagian dan pemahaman prosedur p .bugiu.r bersusun oleh siswa guru harusm enanamkapne mahamainn i lebih dulu. vii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Nov 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102409

Actions (login required)

View Item View Item