Kemampuan literasi informasi pemustaka di Perpustakaan SMK Negeri 4 Malang menggunakan information literacy standards for student learning / Iga Dwi Rahmala - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan literasi informasi pemustaka di Perpustakaan SMK Negeri 4 Malang menggunakan information literacy standards for student learning / Iga Dwi Rahmala

Rahmala, Iga Dwi (2018) Kemampuan literasi informasi pemustaka di Perpustakaan SMK Negeri 4 Malang menggunakan information literacy standards for student learning / Iga Dwi Rahmala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Rahmala Iga Dwi. 2018. Kemampuan Literasi Informasi Pemustaka di Perpustakaan SMK Negeri 4 Malang Menggunakan Information Literacy Standards for Student Learning. Skripsi Program Studi Ilmu Perpustakaan Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. (II) Taufiq Kurniawan S.IP M.IP Kata Kunci literasi informasi pemustaka perpustakaan sekolah standar literasi informasi untuk siswa dalam pembelajaran Perpustakaan sekolah adalah salah satu sarana yang dapat menunjang kegiatan pendidikan. Keberadaan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber informasi dapat membantu kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Di era perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat pemustaka di perpustakaan SMK Negeri 4 Malang perlu untuk dibekali kemampuan literasi informasi sehingga pemustaka dapat mencari informasi yang relevan dan akurat. Oleh karena itu perpustakaan perlu mengetahui sejauh mana kemampuan literasi informasi pemustaka sebelum menentukan dan merancang program yang dapat meningkatkan literasi informasi pemustaka. Penelitian ini berkaitan dengan kemampuan literasi informasi pemustaka di perpustakaan SMK Negeri 4 Malang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan literasi informasi pemustaka dalam memanfaatkan informasi di perpustakaan berdasarkan pendekatan standar literasi informasi untuk siswa dalam pembelajaran (information literacy standards for student learning). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan SMK Negeri 4 Malang. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner dan data sekunder atau data pendukung yang didapatkan dari wawancara informal dengan pustakawan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemustaka di perpustakaan SMK Negeri 4 Malang memiliki kemampuan literasi informasi yang baik dalam memanfaaatkan informasi di perpustakaan dan perpustakaan juga telah menyediakan sumber informasi serta melakukan pelayanan dengan baik kepada pemustaka. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama kategori literasi informasi. Berdasarkan kategori literasi informasi pemustaka kecenderungan memiliki nilai rata-rata yang baik karena dari delapan sub indikator hanya dua sub indikator yang kecenderungan memiliki nilai rata-rata cukup. Dua sub indikator tersebut adalah kemampuan menyusun pertanyaan berdasarkan kebutuhan informasi (3 33) kemampuan menggunakan sumber informasi yang potensial serta strategi yang baik untuk mencari informasi (3 20). Kedua kategori belajar mandiri. Berdasarkan kategori belajar mandiri pemustaka kecenderungan memiliki nilai rata-rata yang baik karena dari empat vii sub indikator dua sub indikator kecenderungan memiliki nilai rata-rata baik satu sub indikator dengan kecenderungan nilai rata-rata sangat baik dan satu sub indikator dengan kecenderungan nilai rata-rata cukup. Sub indikator dengan kecenderungan nilai rata-rata cukup adalah kemampuan untuk mencari informasi secara terus menerus dan berkelanjutan dalam berbagai bidang (3 32). Ketiga kategori tanggung jawab sosial. Berdasarkan kategori tanggung jawab sosial pemustaka kecenderungan memiliki nilai rata-rata yang cukup karena dari empat sub indikator tiga sub indikator kecenderungan memiliki nilai rata-rata cukup dan satu sub indikator kecenderungan dengan nilai rata-rata baik. Tiga sub indikator kecenderungan dengan nilai rata-rata cukup adalah kemampuan dalam mencari informasi dalam berbagai sumber (3 35) kemampuan dalam menghargai hak produk intelektual dan menggunakan teknologi secara bertanggung jawab (3 20) kemampuan dalam memberikan atau membagi pengetahuan yang dimiliki kepada orang lain (2 73).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10240

Actions (login required)

View Item View Item