Cara orangtua dalam pembelajaran kedisiplinan anak X di TK Kartika IV-79 Kota Malang / Nadia Putri Margi Trisnani - Repositori Universitas Negeri Malang

Cara orangtua dalam pembelajaran kedisiplinan anak X di TK Kartika IV-79 Kota Malang / Nadia Putri Margi Trisnani

Trisnani, Nadia Putri Margi (2019) Cara orangtua dalam pembelajaran kedisiplinan anak X di TK Kartika IV-79 Kota Malang / Nadia Putri Margi Trisnani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Trisnani N P M Cara Orangtua dalam Pembelajaran Kedisiplinan Anak X Di TK Kartika IV-79 Kota Malang Skripsi. Program Studi S1 PG-PAUD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ahmad Samawi M. Hum (2) Suryadi S.Sn. M.Pd Kata Kunci Anak Usia Dini Karakter Kedisiplinan Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penyebab subjek penelitian memiliki perilaku kedisiplinan yang baik (2) mendeskripsikan cara orangtua dalam membentuk kedisiplinan pada subjek penelitian (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di TK Kartika IV-79 Kota Malang dan di rumah subjek penelitian yang beralamat di Asrama 512 Jalan Ronggolawe 1 no 4 Kiban Kota Malang. Hasil penelitian ini adalah (1) anak memiliki kedisiplinan yang baik dimana anak dapat menggunakan waktu dengan maksimal ataupun melakukan aktivitas sesuai dengan waktunya seperti berangkat dan pulang sekolah tepat waktu mengerjakan tugas dari guru dengan tepat (tidak melebihi batas waktu yang telah di tentukan oleh guru) dan berangkat ngaji tepat waktu dapat mematuhi aturan yang ada mengembalikan mainan pada tempatnya membuang sampah pada tempatnya mencuci tangan sebelum makan dan minum salim kepada guru saat datang dan pulang sekolah. (2) Cara orangtua dalam pembelajaran kedisiplinan dengan cara memberikan contoh dan pengertian sebab akibat dari perilaku yang dilakukan dan pembiasaan sejak kecil melakukan aktivitas pada waktunya sehingga anak terbiasa dengan aktivitas kesehariannya. Tidak memberikan hukuman dengan kekerasan tetapi dengan memberikan pengertian kepada anak. (3) Faktor pendukung dan penghambat anak dapat melakukan kedisiplinan pemberian reward seperti pujian ataupun hadiah barang ketika anak dapat melakukan kedisiplinan. Memberikan motivasi contoh teladan dapat melalui tayangan televisi maupun teman sekitar. Mood anak yang terkadang jelek tidak mau melakukan aktivitas. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengumpulkan data anak dengan menggunakan perpanjangan waktu yang lebih lama bersama anak sehingga memiliki kesempatan lebih banyak unutk menemukan data lebih lengkap. Dan melakukan penelitian tentang kedisiplinan yang negatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102369

Actions (login required)

View Item View Item