Analisis kualitas layanan Taman Baca Masyarakat Tabamas di Alun-alun Kabupaten Nganjuk / Muhammad Hamimul Adhim - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kualitas layanan Taman Baca Masyarakat Tabamas di Alun-alun Kabupaten Nganjuk / Muhammad Hamimul Adhim

Adhim, Muhammad Hamimul (2018) Analisis kualitas layanan Taman Baca Masyarakat Tabamas di Alun-alun Kabupaten Nganjuk / Muhammad Hamimul Adhim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Adhim Muhammad Hamimul. 2017. Analisis Kualitas Layanan Taman Baca Masyarakat TABAMAS di Alun-alun Kabupaten Nganjuk. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Saksomo M.Si. (II) Drs. Dwi Sugianto M.Pd. Kata Kunci kualitas layanan taman baca masyarakat Taman Baca Masyarakat atau TABAMAS merupakan salah satu layanan yang dimiliki oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Nganjuk. Pendirian TABAMAS bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Nganjuk dan sekitarnya. Melalui penyediaan koleksi yang lengkap diharapkan TABAMAS dapat menarik minat baca masyarakat. Selain itu juga ditunjang dengan fasilitas yang ada dalam layanan terhadap masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas layanan berdasarkan koleksi fasilitas sumber daya manusia dan layanan mendeskripsikan peranan yang dimiliki oleh TABAMAS dan kendala yang dihadapi TABAMAS di Kabupaten Nganjuk. Rancangan dalam penelitian yaitu menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala perpustakaan pustakawan atau pengelola TABAMAS dan pemustaka TABAMAS. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yaitu jumlah koleksi yang ada di TABAMAS yaitu 1.985 eksemplar yang terdiri dari buku dengan kelas utama 000-900 koleksi referensi majalah koran dan buku anak. Kelengkapan koleksi yang dimiliki tersebut membuat kualitas koleksi TABAMAS cukup baik. Ketersediaan fasilitas pendukung yang ada di TABAMAS pun cukup lengkap. Ruangan TABAMAS masih memiliki ruangan yang sempit dan perlu adanya perluasan lagi. Ruangan TABAMAS tidak dapat menampung pengunjung yang datang dengan maksimal khususnya pada jam istirahat dan hari libur. Tidak ada petunjuk khusus yang tersedia di dalam ruangan TABAMAS. Kebersihan TABAMAS selalu dijaga dengan cara membersihkan ruangan setiap awal dan akhir jam layanan. Sedangkan untuk lingkungan sekitar TABAMAS dibesrihkan oleh dinas kebersihan dan pertamanan. Dalam pelayanan yang dilakukan oleh petugas di TABAMAS petugas memiliki prinsip untuk mengutamakan pelayanan terhadap pemustaka. Hal tersebut dapat menunjukkan sikap profesionalisme petugas layanan sehingga memunculkan rasa kebanggaan dalam diri petugas layanan TABAMAS. Sedangkan pada TABAMAS ketepatan waktu layanan menurut pemustaka telah dianggap baik. TABAMAS memiliki peranan dalam menyediakan sumber informasi bagi masyarakat umum khususnya masyarakat Kabupaten Nganjuk. Dengan adanya peranan tersebut masyarakat mendapatkan manfaat seperti menambah informasi masyarakat menambah wawasan masyarakat membantu kegiatan belajar masyarakat dan menjadi hiburan tersendiri bagi pemustaka. Kendala yang dihadapi oleh TABAMAS yaitu berkaitan dengan kurang luasnya ruangan yang dimiliki oleh TABAMAS. Selain itu juga kendala terhadap koneksi wifi dan fasilitas lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10234

Actions (login required)

View Item View Item