Ketersediaan dan pemanfaatan koleksi nonpelajaran untuk mendukung gerakan literasi di sekolah di MTs Muhammadiyah 1 Malang / Hikma Choirunnisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Ketersediaan dan pemanfaatan koleksi nonpelajaran untuk mendukung gerakan literasi di sekolah di MTs Muhammadiyah 1 Malang / Hikma Choirunnisa

Choirunnisa, Hikma (2017) Ketersediaan dan pemanfaatan koleksi nonpelajaran untuk mendukung gerakan literasi di sekolah di MTs Muhammadiyah 1 Malang / Hikma Choirunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Choirunnisa H. 2017. Ketersediaan dan Pemanfaatan Koleksi Nonpelajaran untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah di MTs Muhammadiyah 1 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Titik Harsiati M.Pd. (II) Setiawan S.Sos. M.IP. Kata kunci koleksi nonpelajaran perpustakaan sekolah gerakan literasi sekolah. MTs Muhammadiyah 1 Malang merupakan salah satu sekolah swasta yang menerapkan pendidikan budi pekerti melalui berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan untuk menanamkan pembiasaan baik kepada siswa melalui Gerakan Literasi Sekolah. Peneliti ingin mengetahui sejauh mana Gerakan Literasi Sekolah mampu diterapkan di MTs Muhammadiyah 1 Malang meskipun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa permasalahan yang muncul sehingga pelaksanaannya tidak berjalan dengan begitu baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a) ketersediaan koleksi nonpelajaran di Perpustakaan MTs Muhammadiyah 1 Malang (b) pola pemanfaatan koleksi nonpelajaran di Perpustakaan MTs Muhammadiyah 1 Malang (3) kendala ketersediaan dan pemanfaatan koleksi nonpelajaran di Perpustakaan MTs Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini menggunakan strategi metode campuran sekuensial/bertahap (sequential mixed methode) terutama strategi eksploratoris sekuensial. Dalam penelitian ini tahap pertama mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif dalam menjawab rumusan masalah pertama dan ketiga. Kemudian tahap kedua mengumpulkan dan menganalisis data kuantitatif dalam hal ini untuk menjawab rumusan masalah kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama ketersediaan koleksi nonpelajaran di MTs Muhammadiyah 1 Malang berjumlah 63 koleksi nonpelajaran dan dapat dikatakan sangat kurang. Sebab jumlah koleksi nonpelajaran yang ada tidak sebanding dengan jumlah pemustaka. Kedua pola pemanfaatan koleksi nonpelajaran dari hasil perlakuan terhadap dokumen menunjukkan sebagian responden membaca di tempat sebab beberapa koleksi tidak dapat dibawa pulang dan memilih memanfaatkan koleksi dengan cara meminjam untuk mengerjakan tugas sekolah. Sebagian memilih koleksi fiksi berupa cerita misteri/detektif. Sebagian besar responden memilih koleksi nonfiksi berupa cerita kehidupan sehari-hari. Dari hasil frekuensi sebagian besar responden menggunakan koleksi 8804 30 menit dalam sehari perlu waktu selama 3 hari untuk membaca satu buku memanfaatkan koleksi 1-2 kali perminggu dan melakukan penelusuran informasi buku melalui judul. Ketiga kendala ketersediaan dan pemanfaatan koleksi nonpelajaran yang dialami oleh perpustakaan MTs Muhammadiyah 1 Malang terkait dengan minimnya anggaran yang dimiliki oleh perpustakaan letak perpustakaan yang kurang strategis dan terkait pula dengan sistem peminjaman koleksi nonpelajaran. Berdasarkan simpulan yang telah dipaparkan maka saran atau rekomendasi yang diajukan adalah sebagai berikut. Pertama pengelola perpustakaan sekolah dalam hal ini adalah pustakawan perlu bergerak cepat dalam pengadaan buku-buku yang mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang bermuatan budi pekerti seperti koleksi fiksi maupun nonfiksi berdasarkan kebutuhan pemustaka. Kedua pustakawan hendaknya ikut proaktif dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah yang dilaksanakan pihak MTs Muhammadiyah 1 Malang. Ketiga kepala madrasah hendaknya lebih memperhatikan keberadaan perpustakaan sekolah baik dari letak perpustakaan sarana prasarana dan terutama dalam mengembangkan penyediaan koleksi nonpelajaran yang sangat dibutuhkan oleh siswa sebagai sarana untuk menunjang tercapainya Gerakan Literasi Sekolah di MTs Muhammadiyah yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10226

Actions (login required)

View Item View Item