Megawati, Elly (2017) Analisis kebutuhan informasi dan kemampuan literasi informasi mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2014 di UIN Maliki Malang / Elly Megawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Megawati Elly. 2017. Analisis Kebutuhan Informasi dan Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014 di UIN Maliki Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Makibatul Hasanah M.Pd. (II) Drs. Darmono M.Si. Kata Kunci kebutuhan informasi kemampuan literasi informasi Informasi dapat diakses pengguna sesuai dengan yang mereka butuhkan sehingga kebutuhan informasi mereka dapat terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan informasi diperlukan tindakan secara tepat dalam penelusuran informasi salah satu tindakan yang tepat dapat diperoleh melalui literasi informasi. Literasi informasi dapat diartikan sebagai keterampilan dalam menemukan mengidentifikasi mengevaluasi mengkomunikasikan informasi kepada orang lain untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Mahasiswa harus mempunyai kemampuan dalam berliterasi informasi karena sangat berguna untuk mendapatkan informasi secara tepat dan benar. Literasi dapat membentuk seseorang berpikir kritis karena ia tidak percaya begitu saja dengan informasi yang telah diperoleh. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kebutuhan informasi dan kemampuan literasi informasi mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014 di UIN Maliki Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket dan wawancara. Analisis data dimulai dengan tahap persiapan perhitungan tabulasi dan penyajian data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama kebutuhan informasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014 di UIN Maliki Malang dikategorikan cukup baik (rata-rata 69 44%) yang terinci dalam 5 aspek yaitu (1) kebutuhan kognitif (2) kebutuhan afektif (3) kebutuhan integrasi pribadi (4) kebutuhan integrasi sosial dan (5) kebutuhan pelarian. Kebutuhan kognitif dikategorikan baik (rata-rata 76%). Kebutuhan afektif dikategorikan cukup baik (rata-rata 69%). Kebutuhan integrasi pribadi dikategorikan baik (rata-rata 75%). Kebutuhan integrasi sosial dikategorikan cukup baik (rata-rata 58%). Kebutuhan pelarian dikategorikan baik (rata-rata 72 5%). Kedua kemampuan literasi informasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014 di UIN Maliki Malang dikategorikan baik (rata-rata 76 06%) yang terinci dalam 7 aspek yaitu kemampuan (1) mengenali kebutuhan kebutuhan informasi (2) mengetahui sumber relevan (3) menentukan strategi pencarian informasi (4) menemukan mencari dan mengakses informasi (5) membandingkan dan mengevaluasi informasi (6) mengorganisasikan menerapkan dan mengkomunikasikan dan (7) mensyntesis dan menyusun informasi baru. Kemampuan mahasiswa mengenali kebutuhan informasi dikategorikan cukup baik (rata-rata 63 2%). Kemampuan mahasiswa mengetahui sumber relevan dikategorikan baik (rata-rata 76%). Kemampuan mahasiswa menentukan strategi pencarian informasi dikategorikan baik (rata-rata 76 6%). Kemampuan mahasiswa menemukan mencari dan mengakses informasi dikategorikan sangat baik (rata-rata 91%). Kemampuan mahasiswa membandingkan dan mengevaluasi informasi dikategorikan baik (rata-rata 74 5%). Kemampuan mahasiswa mengorganisasikan menerapkan dan mengkomunikasikan dikategorikan baik (rata-rata 82 4%). Kemampuan mahasiswa mensyntesis dan menyusun informasi baru dikategorikan baik (rata-rata 79%). Berdasarkan kesimpulan yang telah diperoleh diberikan saran sebagai berikut. Pertama pustakawan disarankan memetakan kebutuhan informasi dengan membuat peta konsep terkait kebutuhan pengguna dengan memberikan rujukan yang sesuai dengan prodi mahasiswa agar kebutuhan informasi mereka dapat terpenuhi dan membantu dalam kegiatan temu kembali informasi agar kebutuhan informasi pengguna dapat terpenuhi dengan baik. Kedua pustakawan disarankan memberikan pelatihan tentang kemampuan literasi informasi yang telah dijadwalkan pada waktu PKKMB agar meningkatkan kemampuan literasi informasi mahasiswanya dengan lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10223 |
Actions (login required)
View Item |