Pengembangan Prosedur Operasional Baku (POB) Layanan Sirkulasi di Perpustakaan STMIK/STIE Asia Malang / E. Imro'atul Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Prosedur Operasional Baku (POB) Layanan Sirkulasi di Perpustakaan STMIK/STIE Asia Malang / E. Imro'atul Azizah

Azizah, E. Imro'atul (2016) Pengembangan Prosedur Operasional Baku (POB) Layanan Sirkulasi di Perpustakaan STMIK/STIE Asia Malang / E. Imro'atul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah E. Imro atul 2016. Pengembangan Prosedur Operasional Baku (POB) Layanan Sirkulasi di Perpustakaan STMIK/STIE ASIA Malang. Skripsi Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd (II) Drs. M. Asrukin M.SI. Kata Kunci prosedur operasional baku (POB) layanan sirkulasi perpustakaan STMIK/STIE ASIA Malang. Layanan sirkulasi adalah layanan yang menyangkut peredaran bahan-bahan pustaka. Layanan sirkulasi pada Perpustakaan STMIK/STIE ASIA Malang diantaranya yaitu peminjaman pengembalian dan perpanjangan. Pelaksanaan kegiatan layanan sirkulasi di Perpustakaan STMIK/STIE ASIA Malang membutuhkan acuan kerja berupa Prosedur Operasional Baku (POB) untuk meningkatkan mutu layanan di perpustakaan agar proses kegiatan layanan sirkulasi berjalan secara efektif. Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan POB layanan sirkulasi (peminjaman pengembalian dan perpanjangan) di Perpustakaan STIK/STIE ASIA Malang dan menguji keefektifan POB layanan sirkulasi di Perpustakaan STMIK/STIE ASIA Malang. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Analysis Design Development Implement Evaluation (ADDIE) yang dikembangkan oleh Branch (2009). Tahap penelitian ini yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. POB layanan sirkulasi yang sudah jadi kemudian divalidasi oleh ahli materi POB layanan sirkulasi dan praktisi (pustakawan). Selanjutnya produk diujicobakan pada pustakawan Perpustakaan STMIK/STIE ASIA Malang sebanyak dua pustakawan. Data penelitian dan pengembangan ini adalah wawancara berupa analisis kebutuhan dan informasi tentang layanan sirkulasi angket berupa penilaian oleh ahli POB dan praktisi dan observasi berupa catatan tentang keefektifan penerapan POB layanan sirkulasi. Teknik pengumpulan data penelitian dan pengembangan ini menggunakan wawancara terhadap pustakawan angket yang diberikan kepada ahli POB dan praktisi (pustakawan) dan observasi penerapan POB layanan sirkulasi. Analisis data dilakukan dengan tujuan untuk mengukur kelayakan produk melalui persentase penilaian yang diperoleh dari angket yang telah diisi oleh subjek coba. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Analisis deskriptif dapat digunakan untuk penentu kelayakan produk yang akan diterapkan. Hasil uji validasi produk POB layanan sirkulasi dari ahli POB berdasarkan aspek struktur memberikan penilaian rerata 96 87% sangat valid dan praktisi (pustakawan) 93 75% sangat valid . Berdasarkan aspek isi ahli POB memberikan penilaian rerata 90% sangat valid . Berdasarkan aspek bahasa ahli POB memberikan penilaian rerata 90 62% sangat valid dan praktisi (pustakawan) 93 75% sangat valid . Berdasarkan aspek format dan ilustrasi POB ahli POB memberikan penilaian rerata 96 87% sangat valid dan praktisi (pustakawan) 87 5 sangat valid . Berdasarkan hasil uji validasi produk terdapat saran perbaikan dari ahli POB yakni penulisan lebih teliti dan cek kembali tentang kalimat NIM dan KTA (kalau menggunakan KTA maka semuanya harus menggunakan kalimat KTA bukan NIM) lebih tepatnya lagi menggunakan NIM/nomor anggota. Saran perbaikan dari praktisi (pustakawan) yakni perbaiki dan perjelas bahasa dan diagram alur kerja sebaiknya dijadikan satu halaman saja agar lebih mudah untuk dipahami. Berdasarkan hasil uji validasi produk tersebut dapat disimpulkan bahwa POB layanan sirkulasi yang dikembangkan setelah direvisi menunjukkan penilaian sangat valid sehingga POB layanan sirkulasi layak digunakan di Perpustakaan STMIK/STIE ASIA Malang. Hasil uji keefektifan penerapan POB layanan sirkulasi di perpustakaan STMIK/STIE ASIA Malang menunjukkan bahwa kegiatan layanan sirkulasi sudah berjalan dengan efektif pustakawan telah melaksanakan kegiatan kerja sesuai dengan prosedur layanan sirkulasi yang sudah dibuat. Berdasarkan hasil pengembangan POB layanan sirkulasi di Perpustakaan STMIK/STIE ASIA Malang terdapat beberapa saran. Pertama saran pemanfaatan produk. POB layanan sirkulasi yang telah dikembangkan diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan keefektifan kegiatan layanan sirkulasi. Diharapkan juga terjadi kerjasama antar pustakawan dalam melaksanaksanakan kegiatan layanan sirkulasi untuk meningkatkan mutu dan kualitas layanan sirkulasi melalui POB. Kedua saran diseminasi produk. Diseminasi produk dianjurkan dilakukan secara bertahap pada layanan sirkulasi yang meliputi layanan peminjaman pengembalian dan perpanjangan. Perlunya survei pendahuluan disuatu lembaga untuk mengetahui keadaan layanan sirkulasi sebelumnya dan ada tidaknya POB pada layanan tersebut. Selain itu agar POB dapat digunakan pada layanan sirkulasi disuatu lembaga. Perlu adanya komitmen dan kerjasama antar sesama pustakawan untuk diseminasi POB layanan sirkulasi. Ketiga saran produk lebih lanjut. Diharapkan penelitian selanjutnya menambahkan isi prosedur layanan sirkulasi seperti layanan keanggotaan layanan denda layanan pemesanan buku layanan mandiri dan pengembangan selanjutnya dapat mengembangkan POB di Perpustakaan STMIK/STIE ASIA Malang yang sesuai dengan kebutuhan Perpustakaan STMIK/STIE ASIA Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10207

Actions (login required)

View Item View Item