Fikriyah, Sur'atul (2016) Persepsi mahasiswa terhadap layanan pemakai di Perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Sur'atul Fikriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fikriyah Sur atul. 2014. PersepsiMahasiswaterhadapLayananPemakai di PerpustakaanFakultasSastra. Skripsi JurusanSastra Indonesia FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. HeriSuwignyo M.Pd (II) Drs. M. Asrukin M.Si. Kata kunci persepsi layanan layananpemakai Perpustakaanmerupakanlembaga yang bergerak dibidangjasabertujuanuntukmemberikanlayanankepadapengguna. Bagi sebuah perpustakaan layanan perpustakaan merupakan kunci keberhasilan sebuah perpustakaan. Baik buruknya suatu perpustakaan ditentukan oleh persepsi pemakai sedangkan persepsi pemakai ditentukan oleh layanan yang diperolehnya dari perpustakaan. Layananperpustakaanselaluberhubunganlangsungdenganpemakaidanmerupakanujungtombakdarisetiapkegiatanperpustakaan. Di perpustakaan terdapat dua macam layanan yaitu layanan teknis dan layanan pemakai.Layananpemakaidipergunakan agar pemakaidapatmemperolehinformasidengancepatdanmudahuntukmenemukanbahanpusaka yang merekacari. Dalam layanan pemakai terdapat beberapa layanan diantaranya layanan ruang baca layananreferensi danlayanansirkulasi.Penelitianinidilaksanakandengantujuanmendeskripsikanpersepsimahasiswaterhadaplayananpemakai yang ada di PerpustakaanFakultasSastra Metodepenelitian yang digunakanadalahdeskriptifkuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Malang yang memanfaatkan layanan Perpustakaan Fakultas Sastra.Teknik sampling yang digunakan oleh peneliti adalah sampling random. Data penelitianiniberupaskorpersepsimahasiswaterhadaplayananpemakai di perpustakaan. Untuk mendapatkan informasi dan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen berupa kuesioner/angketdanpedomanwawancara. Penelitian ini menggunakan angket tertutup dengan model skala likert. Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanwawancara observasidandokumentasi. Kegiatananalisis data dimulaidaritahapediting coding dan tabulating. Hasilpenilitianiniyaitu1) persepsimahasiswaterhadappenataanbahanpustaka di rakmenunjukkanhasilbaik. Hal inidibuktikandarihasilanalisissesuaidenganindikatorpenataanbahanpustaka yang meliputi (1) pemberiankodebahanpustakamempermudahmahasiswadalammencaribahanpustakamenunjukkannilai interval sebesar 4 12 yang dikategorikandenganpersepsibaik dan (2) penataanbahanpustaka di perpustakaanfakultassastramenunjukannilai interval sebesar 3 42 dengankategoribaik. 2) persepsimahasiswaterhadaplayanan ruang bacamenunjukkanhasilbaik. halinidibuktikandarihasilanalisissesuaidenganindikatorlayanan ruang baca yangmeliputi (1) fasilitas yang ada di layanan ruang bacamenunjukkannilai interval sebesar 3 91 yang menunjukkankategoripersepsibaik (2) kenyamanandalammemanfaatkanlayanan ruang bacamenunjukkannilai interval sebesar 3 31 yang menunjukkanpersepsicukupbaik dan (3) frekuensimahasiswadalammemanfaatkanlayanan ruang bacamenunjukkannilai interval sebesar 3 58yang menunjukkanpersepsibaik. 3) persepsimahasiswaterhadaplayanansirkulasimenunjukkanhasilbaik. Hal inidibuktikandarihasilanalisissesuaidenganindikatorlayanansirkulasi yang meliputi (1) persepsimahasiswaterhadaplayananpeminjamandanpengembalianmenunjukkannilai interval sebesar 3 55 dengankategoripersepsibaik (2) sikappetugasperpustakaanpadasaatmelayanimenunjukkannilai interval sebesar 3 54 dengankategoripersepsibaik. BerdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadaPerpustakaanFakultasSastra agar layanan yang diberikankepadapenggunaperpustakaandipertahankandanjikaperluditingkatkanlagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10205 |
Actions (login required)
View Item |