Persepsi mahasiswa terhadap sistem layanan sirkulasi Perpustakaan Oliteknik Kota Malang / Tri Lilik Subiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi mahasiswa terhadap sistem layanan sirkulasi Perpustakaan Oliteknik Kota Malang / Tri Lilik Subiyanti

Subiyanti, Tri Lilik (2016) Persepsi mahasiswa terhadap sistem layanan sirkulasi Perpustakaan Oliteknik Kota Malang / Tri Lilik Subiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Subiyanti Tri Lilik. 2015. Persepsi Mahasiswa terhadapSistemLayanan Sirkulasi Perpustakaan Politeknik Kota Malang.Skripsi Jurusan Sastra Indonesia FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I)Prof. Dr.Wahyudi SiswantoM.Pd. (II)Drs. Moch. Asrukin M.Si Kata Kunci persepsi layanan sirkulasi. Perpustakaan sebagai pusat sumber informasi pada era informasi mempunyai peranan yang sangat strategis serta memiliki peluang cukup besar dalam bidang pengelolaan dan penyebaran informasi. Negara Indonesia salah satunya jenis perpustakaan yakni perpustakaan perguruan tinggi yang memiliki beberapa layanan salah satunya layanan sirkulasi. Layanan sirkulasi ini adalah salah satu layanan yang berinteraksi secara langsung dengan pengguna dan sebagai proses perubahan penyesuaian antara pustakawan dengan pengguna maka layanan ini harus mengoptimalkan teknologi yang berkembang saat ini. Uraian di atas maka peneliti ingin mengetahui Persepsi Mahasiswa terhadap Sistem Layanan Sirkulasi di Perpustakaan Politeknik Kota Malang . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan mengangkat fakta keadaan variabel dan fenomena-fenomenanya yang terjadi saat ini dan menyajikannya apa adanya.Penelitian ini menggunakan populasi seluruh mahasiswa Politeknik Kota Malang dengan sampel acak.Instrumen penelitian ini penjabaran variabel layanan sirkulasi menjadi subvariabel meliputi peminjaman pengembalian penagihan sanksi keanggotaan bebas pinjam dan penelusuran informasi. Penjabaran subvariabel tersebut dikembangkan menjadi indikator yang berkaitan dengan kegiatan di layanan sirkulasi berupa angket dan di uji validitas dan reliabilitas.Perhitungan untuk menguji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 20.0 windows. Penelitian ini pengumpulan data menggunakan (1) metode observasidan (2)menyebarkan angket.Hasil pengumpulan data langkah selanjutnya analisi data menggunakanediting coding dan tabulating. Hasil analisis data tersebut akan di ukur dalam pengukuran persepsi yang menggunakan skala interval. Pengolahan dilakukan selanjutnya peneliti menganalisis melalui persentase dengan penafsiran data ditentukan berdasarkan presentase yang terbesar dari setiap data dan menggunakan metode pengukuran persepsi. Pengolahan data menggunakan beberapa metode yang sudah dilakukan hasilnya dari angket yang disebarkan mengenai layanan sirkulasi pada 7 bidang meliputi (a) peminjaman yang menyatakan sangat tidak setuju 8 responden (3 8%) yang menyatakan tidak setuju 14 responden (6 7%) yang menyatakan netral 42 responden (20 2%) yang menyatakan setuju 79 responden (38 0%) dan yang menyatakan sangat setuju 65 responden (31 3%) (b) pengembalian yang menyatakan sangat tidak setuju 7 responden (3 4%) yang menyatakan tidak setuju 11 responden (5 3%) yang menyatakan netral 54 responden (26 0%) yang menyatakan setuju 76 responden (36 5%) dan yang menyatakan sangat setuju 60 responden (28 8%) (c) penagihan yang menyatakan sangat tidak setuju 24 responden (11 5%) yang menyatakan tidak setuju 25 responden (12 0%) yang menyatakan netral 65 responden (31 3%) yang menyatakan setuju 58 responden (27 9%) dan yang menyatakan sangat setuju 36 responden (17 3%) (d) sanksi yang menyatakan sangat tidak setuju 16 responden (7 7%) yang menyatakan tidak setuju 11 responden (5 3%) yang menyatakan netral 54 responden (26 0%) yang menyatakan setuju 62 responden (29 8%) dan yang menyatakan sangat setuju 65 responden (31 3%) (e) keanggotaan yang menyatakan sangat tidak setuju 2 responden (8 0%) yang menyatakan tidak setuju 4 responden (1 5%) yang menyatakan netral 62 responden (23 8%) yang menyatakan setuju 114 responden (43 8%) dan yang menyatakan sangat setuju 78 responden (30 0%) (f) bebas pinjam yang menyatakan sangat tidak setuju 9 responden (8 7%) yang menyatakan tidak setuju 9 responden (8 7%) yang menyatakan netral 47 responden (45 2%) yang menyatakan setuju 22 responden (21 2%) dan yang menyatakan sangat setuju 17 responden (16 3%) dan (g) penelusuran informasi yang menyatakan tidak setuju 5 responden (4 8%) yang menyatakan netral 23 responden (22 1%) yang menyatakan setuju 25 responden (24 0%) dan yang menyatakan sangat setuju 51 responden (49 0%). Hasil yang diperolehdari penelitian adalahpersepsi mahasiswa dalam layanan sirkulasi pada tujuh bidang meliputi (a) peminjaman sudah baik dilihat dari kemudahan pengguna dalam peminjaman di perpustakaan dan disarankan layanan ini dipertahankan (b) pengembalian sudah baik dilihat dari kemudahan pengguna dalam pengembalian di perpustakaan dan disarankan dengan sistem pengembalian yang tidak mengharuskan mahasiswa datang langsung ke perpustakaan (c) penagihan sudah baik dilihat dari dengan adanya perhatian dari mahasiswa untuk mengembalikan koleksi perpustakaan dan disarankan penagihan semula berupa surat cetak menjadi penagihan via handphone atau emailsehingga penyampaian juga lebih cepat (d) sanksi sudah baik dilihat dari apabila sanksi dirasa berat maka adanya keringanan yang diberikan sesuai kesepakatan kedua belah pihak dan disarankan untuk mempertahankan layanan ini (e) keanggotaan sudah baik dilihat dari pustakawan memberikan sikap ramah dan profesional sehingga membantu mahasiswa dalam pencarian koleksi dan disarankan untuk mengajak mahasiswa dalam kegiatan bekerjasama dengan perpustakaan (f)bebas pinjam tidak baik dilihat dari mahasiswa menjawab indikator ini kebingungan dan disarankan untuk adanya sosialisasi dengan adanya layanan tersebut dan (g) penelusuran informasi tidak baik dilihat dari mahasiswa masih sering bertanya kepada pustakawan dan disarankan adanya petunjuk penelusuran informasi di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10193

Actions (login required)

View Item View Item