Penggunaan rujukan tesis dengan topik membaca Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Perpustakaan Universitas Negeri Malang tahun 2012-2014 / Defi Yuniati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan rujukan tesis dengan topik membaca Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Perpustakaan Universitas Negeri Malang tahun 2012-2014 / Defi Yuniati

Yuniati, Defi (2016) Penggunaan rujukan tesis dengan topik membaca Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Perpustakaan Universitas Negeri Malang tahun 2012-2014 / Defi Yuniati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuniati Defi. 2015. Penggunaan Rujukan Tesis dengan Topik Membaca Progam Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Perpustakaan Universitas Negeri Malang Tahun 2012-2014. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Nurchasanah M.Pd (II) Drs. Moch. Asrukin M.S.i Kata Kunci Rujukan Perpustakaan Tesis Rujukan merupakan salah satu teknik bibliografi yang dapat mengungkap penggunaan literatur dalam suatu penelitian ataupun untuk mengetahui pola penggunaan literatur oleh para pengguna perpustakaan. Beda halnya menurut kamus besar bahasa indonesia rujukan adalah menulis atau menyebutkan kembali kata-kata yang telah ditulis orang sehingga dapat dikatakan bahwa rujukan adalah kutipan suatu teks atau bagian dari teks yang menunjukkan dimana teks itu digunakan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui jumlah ketersediaan bahan pustaka rujukan pada judul buku utama rujukan pada jurnal utama rujukan pada pengarang utama dan rujukan sumber lain dalam tesis Progam Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Perpustakaan Universitas Negeri Malang Tahun 2012-2014. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Data penelitian ini berupa paparan rujukan pada tesis yang berupa frekuensi dari ketersediaan frekuensi rujukan judul buku frekuensi rujukan judul jurnal frekuensi rujukan pengarang dan frekuensi rujukan sumber lain. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi sehingga data diperoleh dengan hasil yang sesuai permasalahan tersebut. Analisis data disini yaitu analisis data statistik sederhana yang dimulai dengan menentukan topik rujukan menelusur topik yang ada di perpustakaan mendokumentasi semua judul tesis Progam Studi Pendidikan Bahasa Indonesia tahun 2012-2014 mencari judul-judul tesis yang sesuai di rak koleksi perpustakaan memfotocopy judul dan daftar rujukan tesis setelah itu menganalisis ketersediaan bahan pustaka rujukan judul buku rujukan judul jurnal rujukan pengarang dan rujukan sumber lain yang ada pada tesis progam studi pendidikan bahasa indonesia tahun 2012-2014 selanjutnya mengecek ulang dan menafsirkan hasil penelitian tersebut hingga hasil tersebut akurat. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh lima kesimpulan penelitian sebagai berikut. pertama di Perpustakaan Universitas Negeri Malang Tahun 2012-2014 terdapat 50 judul buku lokal dan dengan persentase sebesar 47 61 % artinya buku lokal tersebut kurang dari separo tersedia di Perpustakaan Universitas Negeri Malang sehingga buku-buku dengan topik membaca ini masih kurang tersedia di perpustakaan sehingga perlulah adanya pengembangan koleksi. Kedua rujukan judul buku tercetak utama dalam tesis Progam Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Negeri Malang tahun 2012-2014 yaitu buku yang berjudul Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Indonesia yang persentase sebesar 34 49%. Ketiga rujukan jurnal utama yaitu Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dan Critical Reading and Critical Thingking. Journaly Of Universidade Federal De Santa Catarina rujukan utama pada jurnal ini terdapat 2 judul hal ini dikarenakan jurnal tersebut memiliki frekuensi yang sama. Keempat dari berbagai rujukan pengarang maka rujukan pengarang utama dalam tesis Progam Studi Pendidikan Bahasa Indonesia yang paling sering digunakan adalah Nurhadi dengan frekuensi 37 dengan persentase 45 68%. Kelima bahwa rujukan sumber lain dalam tesis Progam Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Negeri Malang adalah berupa Artikel Online yang memperoleh frekuensi sebesar 22 dengan frekuensi sebesar 55 %. Dari berbagai hasil tersebut maka disimpulkan bahwa ketersedian bahan pustaka diperpustakaan Universitas Negeri Malang khususnya untuk bahan pustaka tentang Progam Studi Bahasa Indonesia kurang dari separo terpenuhi sehingga disarankan penambahan koleksi bahan pustaka sedangkan untuk rujukan judul buku rujukan jurnal rujukan pengarang dan rujukan sumber lain tersebut kurang sehingga perlunya penambahan koleksi khususnya bagi topik membaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10187

Actions (login required)

View Item View Item