Hubungan antara konsep diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa kelas X dan kelas XI Madrasah Aliyah Al-Maarif Singosari Malang / Silvia Urdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara konsep diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa kelas X dan kelas XI Madrasah Aliyah Al-Maarif Singosari Malang / Silvia Urdiana

Urdiana, Silvia (2010) Hubungan antara konsep diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa kelas X dan kelas XI Madrasah Aliyah Al-Maarif Singosari Malang / Silvia Urdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Konsep Diri Keterampilan Komunikasi Interpersonal Selama ini siswa menunjukkan keberagaman dalam menampilkan konsep dirinya. Dan setiap siswa memiliki tingkat keterampilan komunikasi interpersonal yang berbeda satu sama lain. Penelitian pada subjek 67 siswa kelas X dan kelas XI MA Al-Maarif Singosari Malang bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat konsep diri siswa (2) tingkat keterampilan komunikasi interpersonal siswa dan (3) hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Desain yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional dengan teknik pengambilan sampel proportional stratified random sampling. Konsep diri diukur dengan skala konsep diri validitas item antara 0 295-0 610 dan reliabilitas 0 886. Keterampilan komunikasi interpersonal diukur dengan skala keterampilan komunikasi interpersonal validitas item antara 0 289- 0 527 dan reliabilitas 0 846. Perhitungan reliabilitas menggunakan formula reliabilitas internal Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa kelas X dan kelas XI MA Al-Maarif Singosari Malang ( 65533 65533 65533 65533 65533 65533 0 549 sig 0 000 0 05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan sebanyak 35 siswa (52 24%) termasuk berkonsep diri positif 31 siswa (46 27%) termasuk berkonsep diri agak positif dan 1 siswa (1 49%) termasuk berkonsep diri agak negatif sedangkan tingkat keterampilan komunikasi interpersonal siswa sebanyak 6 siswa (8 95%) termasuk kategori tinggi 46 siswa (68 66%) termasuk kategori agak tinggi dan 15 siswa (22 39%) termasuk kategori agak rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan 1) siswa membuat kelompok diskusi sebagai wadah untuk mengeluarkan pendapat dan mengikuti ekstrakurikuler guna meningkatkan konsep diri dan keterampilan komunikasi interpersonal 2) guru lebih obyektif sebagai model yang mempengaruhi konsep diri guru menerapkan metode mengajar secara quantum dengan strategi menumbuhkan minat belajar member kesempatan siswa mengungkapkan pendapat membuat generalisasi materi sampai konsep untuk kemudian dipresentasikan tanya jawab dan memberikan reward (senyum tawa ramah nilai dan harapan) 3) peneliti selanjutnya hendaknya melakukan studi kualitatif mengenai seberapa besar pengaruh konsep diri terhadap keterampilan komunikasi interpersonal menggunakan instrumen pengumpul data yang lebih beragam misalnya dengan wawancara dan menambah butir instrumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101737

Actions (login required)

View Item View Item