Hubungan antara persepsi terhadap desain kemasan lipstik dengan pembelian impulsif pada konsumen perempuan usia emerging adulthood di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang / Johanna Sekardini Pambudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi terhadap desain kemasan lipstik dengan pembelian impulsif pada konsumen perempuan usia emerging adulthood di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang / Johanna Sekardini Pambudi

Pambudi, Johanna Sekardini (2019) Hubungan antara persepsi terhadap desain kemasan lipstik dengan pembelian impulsif pada konsumen perempuan usia emerging adulthood di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang / Johanna Sekardini Pambudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pambudi Johanna Sekardini. 2019. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Desain Kemasan Lipstik Dengan Pembelian Impulsif Pada Konsumen Perempuan Usia Emerging Adulthood di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Nur Eva S.Psi M.Psi Kata Kunci persepsi terhadap desain kemasan pembelian impulsif perempuan usia emerging adulthood Proses pengambilan keputusan pembelian pada konsumen merupakan proses mental yang tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif saja namun juga berorientasi pada aspek afektif. Elemen visual kemasan berhubungan dengan aspek afektif. Elemen informasional atau verbal melibatkan proses kognitif. Elemen visual memiliki daya tarik afektif yang mampu membuat konsumen melakukan pembelian impulsif. Di sisi lain terjadi pemalsuan kosmetik yang marak serta banyaknya mahasiswi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang yang keputusan pembeliannya dipengaruhi elemen visual kemasan lipstik. Tujuan penelitian ini adalah mencari tahu adanya hubungan antara persepsi terhadap desain kemasan lipstik terhadap pembelian impulsif pada konsumen perempuan usia emerging adulthood di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Subyek penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang berusia 18-25 tahun yang pernah membeli dan/atau menggunakan lipstik. Populasi penelitian ini berjumlah 398 orang dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala persepsi terhadap desain kemasan dan pembelian impulsif dengan tingkat reliabilitas kedua skala adalah 0 926 dan 0 879. Analisis data secara deskriptif menggunakan perhitungan persentase. Analisis korelasi menggunakan teknik product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat lemah dan tidak signifikan antara persepsi terhadap desain kemasan lipstik dengan pembelian impulsif pada konsumen perempuan usia emerging adulthood. Adanya hubungan ini dapat diketahui dari nilai r 0 187 dengan p 0 062 (p 0 05). Berdasarkan penelitian ini terdapat saran yang ditujukan kepada (1) mahasiswi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang sebagai konsumen diharapkan selalu cermat dalam membeli produk kosmetik (2) produsen kosmetik hendaknya selalu mengikuti dinamika tren kosmetik yang sedang berlangsung mengikuti dan memperbarui teknologi pengemasan kosmetik khususnya dalam hal desain kemasan serta melakukan evaluasi untuk menentukan strategi yang dapat digunakan untuk menjangkau konsumen dari berbagai usia khususnya konsumen usia emerging adulthood (3) instansi pengawas obat dan makanan perlu meningkatkan edukasi bagi masyarakat khususnya bagi konsumen usia emerging adulthood dengan cara yang mampu menjangkau masyarakat secara menarik dan informatif (4) peneliti selanjutnya diperlukan pembaruan dan pengembangan teori dan instrumen penelitian khususnya mengenai persepsi desain kemasan dan perilaku konsumen generasi emerging adulthood yang dinamis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101406

Actions (login required)

View Item View Item