Kepribadian big five sebagai prediktor perilaku vandalisme pada siswa SMAN 02 Batu / Agil Hadi Prayogo - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepribadian big five sebagai prediktor perilaku vandalisme pada siswa SMAN 02 Batu / Agil Hadi Prayogo

Prayogo, Agil Hadi (2019) Kepribadian big five sebagai prediktor perilaku vandalisme pada siswa SMAN 02 Batu / Agil Hadi Prayogo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prayogo Agil Hadi. 2019. Kepribadian Big Five sebagai Prediktor Perilaku Vandalisme pada Siswa SMAN 02 Batu. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Tutut Chusniyah S.Psi. M.Si. (2) Farah Farida Tantiani S.Psi. M.Psi. Kata Kunci vandalisme agresi big five personality Vandalisme merupakan tindakan merusak barang fasilitas atau tatanan lingkungan yang dilakukan dengan sengaja tanpa izin pemilik dan merupakan bentuk dari agresi. Tindakan agresi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya kepribadian dari individu. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui tingkat trait kepribadian big five (2) Mengetahui tingkat vandalisme (3) kepribadian big five merupakan prediktor perilaku vandalisme pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif kausalitas. Sampel penelitian ini berjumlah 90 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan karakteristik yaitu merupakan siswa kelas XI IPA IPS dan Bahasa di SMAN 02 Batu. Istrumen yang digunakan berupa skala vandalisme dan skala short and extra-shorts forms of big five inventory. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana yang digunakan untuk mengetahui apakah kepribadian big five sebagai prediktor perilaku vandalisme pada siswa. Hasil analisis diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut (1) umumnya tingkat vandalisme pada siswa kelas XI SMAN 02 Batu berada pada kategori tinggi (2) trait extraversion conscientiousness dan neuroticism pada siswa SMAN 02 Batu secara umum pada kategori rendah sementara trait agreeableness dan openness secara umum pada kategori tinggi. (3) trait extraversion merupakan prediktor perilaku vandalisme pada siswa SMAN 02 Batu (R 0 382 R square 0 088 sig. 0 004 0 05). Hasil penelitian ini disarankan agar pihak sekolah melakukan upaya pencegahan seperti deflecting offenders guna mengubah perilaku perusakan menjadi kegiatan yang memiliki nilai positif. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan untuk dapat mengkaji lebih dalam aspek-aspek yang ada pada masing-masing variabel serta faktor-faktor yang mempengaruhi dari kedua variabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101323

Actions (login required)

View Item View Item