Hubungan antara motivasi berprestasi dan kematangan karir pada siswa kelas XII di SMK 3 Negeri Kota Malang / Ali Ridho - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara motivasi berprestasi dan kematangan karir pada siswa kelas XII di SMK 3 Negeri Kota Malang / Ali Ridho

Ridho, Ali (2019) Hubungan antara motivasi berprestasi dan kematangan karir pada siswa kelas XII di SMK 3 Negeri Kota Malang / Ali Ridho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ridho Ali. 2018. Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Kemtangan Karir pada Siswa Kelas XII di SMK 3 Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A (II) Aji Bagus Priyambodo S.Psi. M.Psi. Kata Kunci motivasi motivasi berprestasi kematangan karir Kematangan karir kemampuan individu dalam menguasai tugas perkembangan dengan tahap perkembangan karir remaja khususnya yang berada pada kelas XII SMA memiliki beberapa tugas perkembangan yang harus dilaluinya dan salah satu tugas perkembangan yang mengemuka adalah mempersiapkan karir untuk masa depannya. Serta adanya kesesuaian antara tingkah laku vokasional individu dan tingkah laku vokasional yang diharapkan. Salah satu indikator penyebab tinggi atau rendahnya kematangan karir remaja adalah motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi motivasi berprestasi pada siswa kelas XII di SMK 3 negeri Malang deskripsi kematangan karir pada siswa kelas XII di SMK 3 negeri Malang dan apakah ada hubungan antara motivasi berprestasi dan kematangan karir pada siswa kelas XII di SMK 3 Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional dengan tujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara variabel bebas yaitu motivasi berprestasi (x) dengan variabel terikat yaitu kematangan karir (y). Populasi penelitian adalah 478 siswa kelas XII SMK 3 negeri Malang. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling dengan jumlah sampel siswa kelas XII berjumlah 50 orang. Pengumpulan data penelitian untuk variabel motivasi berprestasi menggunakan dimensi yang dikemukakan oleh McClelland (1987) sedangkan untuk variabel kematangan karir menggunakan dimensi yang dikemukakan oleh Crites (1973). Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis statistik korelasional Product Moment dari Pearson. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 44% dari sampel penelitian ini memiliki motivasi berprestasi yang sedang serta sebanyak 46% dari sampel penelitian ini memiliki kematangan karir yang sedang. Hasil dari penghitungan korelasi Product Moment menunjukkan bahwa korelasi antara motivasi berprestasi dan kematangan karir memiliki rxy sebesar 0 221 lebih kecil dari rtabel (0 344) sehingga H1 ditolak. Hal ini menunjukkan adanya hubungan positif tidak signifikan antara motivasi berprestasi (x) dan kematangan karir (y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101272

Actions (login required)

View Item View Item