Religiusitas sebagai prediktor pemaafan pada perempuan korban kekerasan di Kabupaten Jember / Ananda Zahra Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Religiusitas sebagai prediktor pemaafan pada perempuan korban kekerasan di Kabupaten Jember / Ananda Zahra Firdaus

Firdaus, Ananda Zahra (2018) Religiusitas sebagai prediktor pemaafan pada perempuan korban kekerasan di Kabupaten Jember / Ananda Zahra Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Firdaus Ananda Zahra. 2018. Religiusitas Sebagai Prediktor Pemaafan Pada Perempuan Korban Kekerasan Perempuan Di Kabupaten Jember. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Tutut Chusniyah M.Si. (2) Ike Dwiastuti S.Psi M.Psi Kata Kunci pemaafan perempuan koraban kekerasan religiusitas. Stress benci marah rasa dendam merupakan salah satu dampak dari tidak pemaaf. Pemaafan pada perempuan korban kekerasan disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya religiusitas. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui tingkat religiusitas (2) Mengetahui tingkat pemaafan (3) Religiusitas merupakan prediktor pemaafan pada perempuan korban kekerasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif kausalitas. Populasi penelitian berjumlah 58 orang dengan sampel sebanyak 30 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan karakteristik yaitu tinggal di Kabupaten Jember pelaku kekerasan yaitu orang terdekat dilukai secara fisik. Istrumen yang digunakan berupa skala religiusitas dan skala pemaafan. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana yang digunakan untuk mengetahui apakah religiusitas sebagai prediktor pemaafan atau tidak pada perempuan korban kekerasan. Hasil analisis diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut (1) Sebagian besar religiusitas pada perempuan korban kekerasan di Kabupaten Jember berada pada ketegori rendah (2) Sebagian besar pemaafan pada perempuan korban kekerasan di Kabupaten Jember berada pada kategori rendah (3) Religiusitas merupakan prediktor pemaafan pada perempuan korban kekerasan di Kabupaten Jember (R 379 R square 0 158% sig. 0 030 0 05). Hasil penelitian ini disarankan agar paara perempuan korban kekerasan menambah wawasan yang berhubungan dengan religiusitas karena religiusitas memberikan pengaruh pada pemaafan seseorang. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan untuk mengkaji lebih lanjut apakah variabel lain seperti empati kemarahan kedekatan hubungan dengan transgressor reaksi transgressor ataupun permintaan maaf juga menjadi prediktor pemaafan perempuan korban kekerasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101248

Actions (login required)

View Item View Item