Hubungan konsep diri dengan resiliensi pada penyandang tuna daksa dewasa / Retno Dyah Andikarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan konsep diri dengan resiliensi pada penyandang tuna daksa dewasa / Retno Dyah Andikarini

Andikarini, Retno Dyah (2018) Hubungan konsep diri dengan resiliensi pada penyandang tuna daksa dewasa / Retno Dyah Andikarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Andikarini Retno Dyah. 2017. Hubungan Konsep Diri dengan Resiliensi pada Penyandang Tuna Daksa Dewasa. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Fattah Hidayat S.Psi M.Si. (II) Ninik Setiyowati S.Psi M.Psi. Kata Kunci konsep diri resiliensi penyandang tuna daksa dewasa. Resiliensi dibutuhkan oleh penyandang tuna daksa dewasa untuk bangkit dari tekanan dan keterpurukan yang dialami akibat kondisi tubuh yang kurang mendukung dalam melaksanakan tugas perkembangan. Konsep diri mendukung kemampuan resiliensi pada individu tuna daksa dewasa. Tujuan penelititan ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran konsep diri pada penyandang tuna daksa dewasa (2) untuk mengetahui gambaran resiliensi pada penyandang tuna daksa dewasa (3) untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan resiliensi pada penyandang tuna daksa dewasa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dan korelasional. Penelitian ini dilaksanakan dengan partisipan penyandang tuna daksa usia dewasa dengan jumlah populasi sebesar 150 orang penyandang tuna daksa dewasa usia 18 tahun keatas. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental didapatkan 55 orang subjek yang sesuai karakteristik dalam penelitian. Instrumen penelitian berupa skala konsep diri dan skala resiliensi. Uji coba penelitian dilaksanakan dengan 30 partisipan dengan jumlah aitem skala konsep diri sebanyak 40 dan skala resiliensi sebanyak 56. Validitas yang diperoleh dari skala konsep diri nilai r berkisar 0 030 sampai 0 870 terdapat 11 aitem tidak valid. Validitas skala resiliensi nilai r berkisar antara 0 056 sampai 0 783 terdapat 12 aitem tidak valid. Hasil reliabilitas skala konsep diri sebesar 0 938 dan reliabilitas skala resiliensi 0 951 yang menunjukkan bahwa kedua skala reliabel dan dapat digunakan dalam penelitian. Analisis yang digunakan ialah korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (I) sebagian besar penyandang tuna daksa dewasa memiliki konsep diri yang positif (II) sebagian besar penyandang tuna daksa dewasa memiliki resiliensi tinggi (III) ada hubungan yang positif antara konsep diri dengan resiliensi pada penyandang tuna daksa dewasa dengan nilai r 0 826 dan nilai p 0 000 0 05. Saran yang diberikan dari penelitian ini (1) bagi penyandang tunadaksa dewasa diharapkan mengikuti kegiatan masyarakat yang menyediakan alat bantu mobilisasi dan memperhatikan kesehatan tubuh (2) bagi pemerintah meningkatkan kualitas dan kuantitas pelatihan keterampilan bagi penyandang tuna daksa dan menyediakan petugas kesehatan yang pro aktif (3) bagi peneliti selanjutnya menambah variabel penelitian pada penelitian tentang penyandang tuna daksa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101165

Actions (login required)

View Item View Item