Peranan guru dalam pembinaan bahasa Indonesia di kelas I SDN Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Suhartatik - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan guru dalam pembinaan bahasa Indonesia di kelas I SDN Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Suhartatik

Suhartatik (2002) Peranan guru dalam pembinaan bahasa Indonesia di kelas I SDN Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Suhartatik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suhartatik2. 002.P eranun Guru dalum Pembinuun BalrusctI ndonesia di Kelas I SDN K e cama tun Ta nj u n gbum i K a b upa I e n ts an gka I an fa hun P e I aj aran 2 00 I /2 00 2. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (l) Drs. tl. Solchan T.W. (ll) Drs. Dwr SaksomoM. .Si. I ta kunci p eranang uru p cmbinaanp cmbinaanb ahasaIn donesia. Bahasam erupakana lat komunikasia ntarm anusias atud enganm anusiala in. Salahs atub ahasay angd apatd igunakand i scluruhI ndonesiaa dalahb ahasaI ndonesia (BI) termasukj uga di lcmbaga-lembagap endidikan Bl berfungsi sebagaib ahasa pengantarS. ebagaib ahasap ngantard i lembaga pendidikank hususnyad i sekolah dasar( SD) kelas [ guru memiliki tanggung. awabd alam hal pembinaanB I karena yang dihadapi guru adalah calon pemakai BI yaitu orang yang belum menggunakan BI dalamb erkomunikasdi an kemungkinana kan menggunakannya. Penerapanp embinaanB I di lembagap endidikan d alam hal ini di SD dapat dilakukand i dalam dan di luar prosesb elajar-mengaja(rP BM). Menga.. arkamn atapelajaranB I merupakan usaha pembinaan Bl di dalam PBM karena dalam hal tersebutm elibatkan peranan guru. Gurulah yang merencanakand an menentukan strategrp engajarany ang sesuai dengan jenlang siswa yaitu dalam hal penggunaan bahasap engantard an memilih teknik media dan cvaluasid alam pengajaranB I serta guru pula yang bertugas untuk menyajikan matapelajaran semenarik mungkin agar funbuh kecintaan siswa kepada BL Sedangkan usaha pembinaan BI di luar PBM dapat dilakukan pada saat kegiatan-kegiatan di luar kelas misal kegiatan ekstrakurikuler atau juga dengan membiasakan siswa menggunakan Bl dalam berkomunikaspi adas aatj am-jam istirahat( di luar kelas). Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang peranan guru dalam usaha melakukan pembinaan BI kepada siswa SD kelas rendah khususnya di kelasI dilihat dari (1) penggunaanb ahasap ngantarg uru di dalam dan di luar PBM dan (2) peran guru dalam penggunaan teknik media dan evaluasi pengajaran di dalam PBM matapelajaran BI. Penelitian ini dilakukan di l0 SD Negeri kecamatan Tanjungbumi kabupaten Bangkalan yang subjeknya adalah guru yang mengajar di kelas I. Penelitian dilaksanakamn ulai tanggal0 2 sampai 17 November2 001. Rancanganp enelitiany ang digunakan adalah rancangan deskriptif survey. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan cara persentase data dan menetapkan klasifikasi menurut skala kualifikasip ersentase(d alam hal ini disebutk ualifikasi peranan)u ntuk menafsirkan hasil dari perhitungan persentase. Rentangan persentase yang digunakan adalah 0- 200/o (sangat tidak berperan) 20 1-40 0% (kurang berperan) 40 1-70 0% (cukup berperan) 70 1-90 0% (peranan baik) dan 90 1-100 0% (peranan sangat baik). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan guru dalam hal penggunaan bahasa pengantar di dalam dan di luar PBM sama-sama berada pada tarafkualifikasi cukup berperan( mencapaip ersentase7 0o/o) padap enggunaant eknik pengajarang uru l l l momiliki peranan baik (mencapai persentase 90Vo) dalam hal menggunakan media pngajaran guru kurang berperan (30%) sedangkan dilihat dari evaluasi pengaJaran yangd igunakand i dalam PBM guru memiliki peranans angatb aik (100%). Berdasarkanh asil penelitiant ersebut d apatd isarankanb ahwas ebaiknyag uru perlum emperhatikanm edia pengajarany ang dibutuhkan padas etiap pBM agar srswa menjadrte rtarik dan bersemangatm enerima pelajaran khususnya matapelajaranB I. Selain itu kepada para peneliti yang tertarik untuk meneliti topik yang sama ini hendaknypae rlu juga meneliti pembinaanB I dari segi usahag uru dan hasil yang diperolehs iswa.D engan kata lain tidak meneliti tentangp embinaanB I secaras epihak (menelitui sahay angd ilakukang uru saja).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10097

Actions (login required)

View Item View Item