Pesan subliminal dalam iklan rokok terhadap perubahan perilaku merokok remaja / Puji Wahyu Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pesan subliminal dalam iklan rokok terhadap perubahan perilaku merokok remaja / Puji Wahyu Utami

Utami, Puji Wahyu (2015) Pesan subliminal dalam iklan rokok terhadap perubahan perilaku merokok remaja / Puji Wahyu Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Utami Wahyu P. 2014. Pesan Subliminal Dalam Iklan Rokok Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Merokok. Skripsi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Fattah Hanurawan M.Si M.ed. (II) Diyah Sulistyorini S.Psi. M.Psi. Kata kunci pesan subliminal iklan rokok perilaku merokok remaja. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pesan subliminal iklan rokok dalam perubahan perilaku merokok remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara semi terpimpin dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampling menggunakan accidental sampling. Subjek penelitian adalah siswa SMP PGRI 02 Lawang yang berjumlah 6 remaja laki-laki yang bernama AM IH RAP EF LA dan MFA. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis tematik. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan pengamatan dan triangulasi metodologi yang menggabungkan antara observasi wawancara semi terpimpin dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 3 remaja dari 6 remaja yang bersekolah di SMP PGRI 02 yang terpengaruh oleh pesan subliminal dalam iklan rokok. Pengaruh yang lebih besar datang dari lingkungan teman sebaya dan keluarga. Dengan demikian secara meyakinkan dapat dikatakan bahwa pesan subliminal dalam iklan rokok tidak berpengaruh terhadap perubahan perilaku merokok pada remaja. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memicu adanya penelitian tentang pesan subliminal yang terkandung dalam iklan rokok di Indonesia pada umumnya. Selain itu adanya penelitian ini diharapkan mampu mengurangi jumlah perokok pada masa remaja dan bagi masyarakat menjadi sedikit peduli terhadap nasib remaja yang merupakan pendukung dan pemikul tanggung jawab di masa depan. Serta menciptakan masyarakat yang sadar akan pertumbuhan remaja ke arah dewasa dimana terkadang remaja sering menirukan tingkah laku orang dewasa di sekitar mereka dan akibat dari kondisi ini dapat menimbulkan pengaruh buruk dalam pembentukan kebiasaan sehingga tidak menutup kemungkinan timbulnya suatu penyimpangan tingkah laku yang kelak dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100957

Actions (login required)

View Item View Item