Kebutuhan cinta dan memiliki (love and belonging need) pada pecandu permainan video / Rega Audia - Repositori Universitas Negeri Malang

Kebutuhan cinta dan memiliki (love and belonging need) pada pecandu permainan video / Rega Audia

Audia, Rega (2014) Kebutuhan cinta dan memiliki (love and belonging need) pada pecandu permainan video / Rega Audia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Audia R. 2014. Kebutuhan Cinta dan Memiliki (Love and Belonging Need) pada Pecandu Permainan Video. Skripsi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed (2) Indah Y. Suhanti S.Psi M.Psi. Kata kunci kebutuhan cinta dan memiliki pecandu permainan video. Kebutuhan Cinta dan Memiliki (Love and Belonging Need) pada Pecandu Permainan Video. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kebutuhan para pecandu permainan video terhadap rasa cinta dan memiliki mereka. Model yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam observer sebagai partisipan dan juga kuisioner terbuka. Kemudian teknik analisis data menggunakan teknik analisis fenomenologi. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan teknik member check. Penelitian dilaksanakan di Kota Malang dengan partisipan sebanyak 4 orang yang semuanya berjenis kelamin laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan para pecandu video game terhadap cinta dan rasa memiliki sudah cukup terpenuhi. Mereka mampu memenuhi kebutuhan akan kasih sayang dari teman pasangan dan keluarga secara baik. Permainan video hanya mereka gunakan sebagai sarana untuk memperluas kebutuhan tersebut. Permainan video hanya memberikan kepuasan akan kebutuhan kasih sayang dengan teman-teman sebaya. Sedangkan kepuasan akan hubungan dengan pasangan dan keluarga permainan video kurang bisa memberikan. Partisipan membutuhkan kasih sayang dari pasangan secara lebih nyata atau dengan kehadiran secara fisik. Kemudian pada hubungan dengan keluarga permainan video tidak bisa memberikan kepuasan akan kebutuhan cinta dan memiliki dari partisipan. Penelitian ini diharapkan mampu untuk memberikan masukan kepada para pecandu permainan video. Para pecandu permainan video dituntut untuk dapat memberikan perhatian atau kasih sayang mereka kepada orang lain. Bukan sekedar meminta perhatian dari mereka saja tetapi harus ada timbal balik. Bagi orang tua dari pecandu permainan video diharapkan mampu untuk memberikan kasih sayangnya dengan lebih baik. Orang tua harus mengerti apa yang diinginkan oleh anak sehingga sang anak tidak akan mencari pelarian untuk mendapatkan pemuas kebutuhannya. Hubungan antara peneliti dan partisipan di dalam penelitian ini dirasa kurang kuat. Untuk peneliti lain yang ingin meneliti hal ini diharapkan mampu untuk menjalin hubungan yang kuat kepada partisipan agar data yang diperoleh semakin kaya dan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100949

Actions (login required)

View Item View Item