Hubungan kecerdasan emosional dengan perilaku asertif pada siswa SMP Negeri 6 Kota Blitar / Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kecerdasan emosional dengan perilaku asertif pada siswa SMP Negeri 6 Kota Blitar / Utomo

Utomo (2014) Hubungan kecerdasan emosional dengan perilaku asertif pada siswa SMP Negeri 6 Kota Blitar / Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Utomo. 2014. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Asertif di SMP Negeri 6 Kota Blitar. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Fattah Hidayat S.Psi M.Psi (II) Ika Andrini Farida S.Psi M.Psi. Kata kunci kecerdasan emosional perilaku asertif remaja. Siswa SMP berada pada usia remaja yaitu masa peralihan antara masa kanak-kanak menuju masa dewasa yang ditandai dengan perubahan fisik dan psikologis. Dengan adanya perubahan fisik dan psikologis ini remaja harus memiliki kecerdasan emosi dan perilaku asertif agar terhindar dari pengaruh buruk pergaulan di lingkungan sebayanya. Kecerdasan emosional adalah himpunan bagian dari kecerdasan sosial yang melibatkan kemampuan memantau perasaan sosial yang melibatkan kemampuan pada orang lain memilah-milah semuanya dan menggunakan informasi ini untuk membimbing pikiran dan tindakan. Dengan kecerdasan emosional yang baik seseorang dapat mengendalikan pikiran-pikiran dan perasaan khasnya sehingga bisa mengendalikan kecenderungannya untuk bertindak sehingga tahu bagaimana untuk menampilkan dirinya dengan baik serta dapat berkomunikasi dengan baik. Perilaku asertif adalah pengungkapan diri secara terbuka tegas dan bebas atas perasaan positif dan negatif maupun tindakan mempertahankan hak mutlak dengan tetap memperhatikan perasaan orang lain. Dengan memiliki perilaku asertif maka individu mampu untuk mengungkapkan perasaanya tanpa menyakiti orang lain sehingga tidak mudah dikuasai oleh orang lain dan tidak kehilangan hak - haknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kecerdasan emosional dan perilaku asertif siswa dan mengetahui hubungan kecerdasan emosi dengan perilaku asertif pada siswa SMPN 6 Kota Blitar Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMPN 6 Kota Blitar sebanyak 280 siswa. Sampel penelitian sejumlah 165 orang siswa diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala. Tehnik analisis data yang digunakan adalah persentase korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan secara umum siswa siswi SMPN 6 Kota Blitar memiliki tingkat kecerdasan emosional yang cukup hal ini menunjukkan bahwa siswa sudah memiliki aspek-aspek kecerdasan emosional yang cukup baik yang terdiri dari mengenali emosi diri mengelola emosi memotivasi diri mengenali emosi orang lain dan membina hubungan. Siswa memiliki tingkat perilaku asertif yang cukup baik siswa dapat mengekspresikan perasaan positif dan negative mereka dengan cukup baik serta mempunyai afirmasi diri yang cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan perilaku asertif di SMPN 6 Kota Blitar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pihak sekolah mempertahankan apa yang sudah baik dan mengembangkan kembali apa yang kurang dari kecerdasan emosional dan perilaku asertif siswa agar lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100943

Actions (login required)

View Item View Item