Hubungan antara self regulated learning dengan prestasi belajar siswa akselerasi di Kota Malang / Oktaviani Dwi Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara self regulated learning dengan prestasi belajar siswa akselerasi di Kota Malang / Oktaviani Dwi Rahayu

Rahayu, Oktaviani Dwi (2014) Hubungan antara self regulated learning dengan prestasi belajar siswa akselerasi di Kota Malang / Oktaviani Dwi Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahayu O.D. 2014. Hubungan antara Self Regulated Learning dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Sri Weni Utami M.Si. Psikolog. (II) Ika Andrini Farida S.Psi. M.Psi. Kata kunci self regulated learning prestasi belajar Belakangan ini banyak diselenggarakan kelas akselerasi di sekolah unggulan. Program ini merupakan program percepatan yang diselenggarakan khusus untuk anak berbakat yang telah melewati proses seleksi dan memenuhi sejumlah syarat prosedural yang telah ditetapkan. Pada program ini masa belajar siswa lebih singkat dari siswa lain di kelas reguler sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. Hal ini tentunya memaksa para siswa tersebut untuk belajar lebih ekstra dibandingkan dengan siswa lain di kelas reguler. Untuk memenuhi tuntutan tersebut selain kemampuan akademis para siswa juga harus memiliki self regulated learning yang baik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa akselerasi mengetahui self regulated learning siswa akselerasi dan mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan prestasi belajar siswa akselerasi. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional dengan subjek sebanyak 69 siswa akselerasi yang tergabung dari dua sekolah yakni SMPN 1 dan SMPN 5 di Kota Malang. Data penelitian yang berupa angka dalam penelitian ini diperoleh melalui skala self regulated learning dan dokumentasi prestasi belajar peneliti menggunakan rapor semester gasal tahun ajaran 2013/2014. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasional dengan menggunakan product moment. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini adalah (1) Prestasi belajar siswa akselerasi umumnya berada dalam klasifikasi tinggi sebesar 57 97%. (2) Self regulated learning siswa akselerasi umumnya berada dalam klasifikasi tinggi sebesar 59 42%. (3) Ada hubungan positif antara self regulated learning dengan prestasi belajar siswa akselerasi sebesar 0 690. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah (1) Bagi siswa akselerasi diharapkan dapat mengembangkan self regulated learning sehingga prestasi belajarnya meningkat. (2) Bagi pihak sekolah diharapkan dapat mengarahkan siswa akselerasi untuk lebih meningkatkan prestasi belajar mereka dengan menekankan pentingnya mengarahkan dan memberikan pemahaman tentang self regulated learning. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk lebih memperluas kajian self regulated learning dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100931

Actions (login required)

View Item View Item