Hubungan pola asuh authoritative terhadap perilaku prososial siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Dian Febriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pola asuh authoritative terhadap perilaku prososial siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Dian Febriyani

Febriyani, Dian (2014) Hubungan pola asuh authoritative terhadap perilaku prososial siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Dian Febriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dian Febriyani. 2013. Hubungan Pola Asuh Authoritative dengan Perilaku Prososial Siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Fattah Hidayat S.E. S.Psi. M.Si. (2) Diantini Ida Viatrie S.Psi. M.Si. Kata Kunci pola asuh authoritative perilaku prososial Pola asuh authoritative merupakan pola pengasuhan orang tua yang memberikan kebebasan pada anak sesuai dengan batasan-batasan yang telah ditentukan bersama. Perilaku prososial merupakan tindakan yang ditujukan untuk memberikan keuntungan bagi orang lain dan orang yang menolong akan merasa bahwa seseorang yang ditolongnya lebih sejahtera. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku prososial adalah pola asuh orang tua terutama pola asuh authoritative. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan analisis korelasi. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya perilaku prososial remaja seperti tidak bersedianya meminjami alat tulis tidak bersedia berbagi makanan atau tidak peduli pada seseorang yang membutuhkan pertolongan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang dengan sampel sebanyak 142 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode skala dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Korelasi Product Moment untuk menganalisis hubungan antara pola asuh authoritative dengan perilaku prososial. Hasil penelitian ini menunjukkan 5 siswa (3%) memiliki pola asuh authoritative sangat tinggi 42 siswa (30%) memiliki pola asuh authoritative tinggi 48 siswa (34%) memiliki pola asuh authoritative sedang 37 siswa (26%) memiliki pola asuh authoritative rendah dan 10 siswa (7%) memiliki pola asuh authoritative sangat rendah dengan reliabilitas pengukuran pola asuh authoritative ( 945 0 942). Sedangkan 6 siswa (4%) memiliki perilaku prososial sangat tinggi 35 siswa (25%) memiliki perilaku prososial tinggi 47 siswa (33%) memiliki perilaku prososial sedang 46 siswa (32%) memiliki perilaku prososial rendah dan 8 siswa (6%) memiliki perilaku prososial sangat rendah dengan reliabilitas pengukuran skala prososial ( 945 0 927). Perolehan koefisien korelasi anatar X dan Y sebesar 0 368 dengan probabilitas Phitung 8804 Pstandar (0 000 0 05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola asuh authoritative dengan perilaku prososial siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan pengembangan skala yang lebih baik lagi pada skala pola asuh authoritative maupun skala perilaku prososial sehingga dapat mengurangi kemungkinan untuk subjek memberikan respon yang normatif serta menambah atau mengganti variabel lain yang mungkin dapat mempengaruhi perilaku prososial anak. Serta diadakan penelitian kembali dengan sampel yang lebih luas dan pengukuran yang lebih akurat dan reliabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100901

Actions (login required)

View Item View Item