Pertanyaan tutor dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing di Universitas Negeri Malang <BR>oleh Anik Sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pertanyaan tutor dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing di Universitas Negeri Malang <BR>oleh Anik Sholihah

Sholihah, Anik (2000) Pertanyaan tutor dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing di Universitas Negeri Malang <BR>oleh Anik Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikanp ertranyaantu tor dalam PB I untuk penutur asing di UM Secara khusu bertujuan untuk mendeskripsikan (l) bentuk-bentuk pertanyaan tutor (2) tungsi pertanyaan tutor dan (3) strategt tutor dalam bertanya. Penelitian ini rnenggunakan pendekatank ualitatif denganr ancanganp enelitians tudi kasus.D ata penelitian berupa lransknpsi dan catatan lapangan tentang pertanyaan tutor. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri dibantu dengan alat-alat perekam berupa caset recorder dan alat-alat catatan lapangan. Penelrtian ini dilaksanakan di UM clengans ub.lekp enelitiana dalaht utor untuk Darmasiswad an penga.ladr i CIS tslPA Prograrn CSC (Council Students Center). Data penelitran dikrunpulkan dengant eknik observasni onpartisipanw awancarad an angket.L angkahu mum ] ang digunakan dalam rnenganalisis data adalah menyajikan data rrengklasifikasdi ata v erifikasi data d an penarikans impulan.U ntuk mengecek keabsahand ata dan keterpcrcayaanh asil simpuiand ilakukan trianggulasib aik ronans ejauata. hli r naupuntc ori. Temuan penelitan menyatakan bahrva bentuk-bentuk pertanyaan yang diajukant utor dalam PBI untuk penutura singb anyakm enggunakank ata tanya ktpu . iapa hcrupu tnena ketnana kapan nrcngupu baguintana tlan l( t tunvuutt lxtlLtpr iltltutr) discrlai intonasi tanya..Bentuk pertanyaan selanlLrtnyaad alahk alirnat berita disertaid engani ntonasit anya. lJntuk bentuk pertanyaany ang paling sedikit adalahk ata tanyas ulah (kah) dant iduk (kah) disertaii ntonasit anya.T emuan fungsip ertanyaans ebanyak5 fungsi pertanyaan tutor dalaln PBI I aitu (l) untuk metnintap enjelasan( 2 ) untuk meminta penegasan( 3 ) untLrkn rernerintah( 4 ) untuk keluhan d an (5) untuk pulian atau cemoohan Strategi tutor dalarn bertanya ada 6 cara yaitu (l) tutor memberikan rvaktr.rb erpikir (2) mengLrngkapkanp ertanyaans ecaraj elas (3) pcmbenan acuana taui lustrasi ( 4) petnusatana tau pemtbkusanp ertanyaan( 5 ) pertanyaan dipindahgrlrrkank epadap embelajarl ain dan (6) Menuntut pembelajard engan rnengungkapkanp crtanyaand enganc ara lain mengungkapkand enganb ahasa vang lebih sederhanad a n denganp enjelasan-pen3elasan tscrtitik tolak dari ternuan-ternuadni atas d apat disimpulkanb ahwa pe(an)aan-pertartvaatunl or dalam PBI cukup bervariasi b aik itu benl uk fungsi maupun strategi yang digunakan. Taapi tutor masih jarang menggunakapne rtanyaany ang dibentukd engank ata sudah (kah) dant dak (-kah) diikuti intonasi tanya. Tutor masih menggunakan fungsi pe(anyaan untuk pujian atau cemoohan dan jarang menggunakan strategr menuntun pertanyaadne nganp enjelasan-penjelasan. Atas dasarp aparand i atas d iajukan saran-s rasne bagabi erikut (1) agar siswa dapat menjawab pertanyaan dengan tepat dan bermakna tutor hendaknyam enggunakanp ertanyaany ang sesuaid enganb entuk fungsi dan strategi (2) untuk peneliti lanjutan diharapkan meneliti dengan subjek yang lebih luas dengan instrumen yang berbeda dan kajian masalah yang lebih mendalamd an (3) LembagaB IPA di UM diharapkanm emberikanb ekal dan pengalamayna ngc ukup kepadat utor tentangk eterampilanb ertanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2000 04:29
Last Modified: 09 Sep 2000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10085

Actions (login required)

View Item View Item