Maulidiyah, Lily (2010) Efektivitas permainan tradisional untuk meningkatkan kreativitas verbal pada siswa sekolah dasar di MI Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang / Lily Maulidiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS VERBAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI MI MAMBA UL MA ARIF DENANYAR JOMBANG ABSTRAK Kata kunci permainan tradisional kreativitas verbal Kreativitas verbal adalah suatu hal yang sangat penting bagi anak yang mulai belajar berinteraksi dengan orang lain yaitu mempunyai kemampuan verbal yang baik dan bersifat komunikatif terhadap orang lain. Dalam hal ini perlu pembelajaran yang dilakukan dengan cara bermain. Bermain erat kaitannya dengan tumbuhnya kemampuan untuk menciptakan gagasan baru bersuka cita terhadap hal-hal baru dan menciptakan suatu keadaan yang baru. Tujuan penelitian ini adalah a). untuk mengetahui kreativitas verbal kelompok kontrol b). untuk mengetahui kreativitas verbal kelompok eksperimen c). untuk mengetahui apakah permainan tradisional efektif untuk meningkatkan kreativitas verbal pada anak sekolah dasar. Subjek penelitian adalah anak MI Mamba ul Ma arif berjumlah 60 anak yang berasal dari kelas yaitu Va dan Vb. Kelas Va menjadi kelompok kontrol sedangkan kelompok Vb menjadi kelompok ekpserimen. Masing-masing kelompok beranggotakan 30 orang yang kemudian dibagi menjadi kelompok kecil yang beranggotakan 5 anak pada setiap kelompok permainan. Desain penelitian yang digunakan adalah Static Group Design jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Tes Kreativitas Verbal yang dikembangkan oleh Utami Munandar yang terdiri dari enam sub tes kreativitas verbal adalah permulaan kata menyusun kata membentuk kalimat tiga kata sifat-sifat yang sama macam-macam penggunaan dan apa akibatnya dan analisis data menggunakan uji beda non-parametrik Mann Whitney (Uji-U). Hasil penelitian menunjukan bahwa a). kreativitas verbal kelompok kontrol dengan klasifikasi sebagai berikut sebanyak 6 orang subyek (20 00%) memiliki kreativitas verbal yang tinggi 16 orang (53 33%) memiliki kreativitas verbal yang cukup 8 orang subyek (26 67%) memiliki kreativitas verbal yang 1 rendah b) kreativitas verbal kelompok eksperimen memiliki mean sebesar 61.800 dengan klasifikasi sebagai berikut sebanyak 22 orang subyek (73 33%) memiliki kreativitas verbal yang tinggi 8 orang (26 67%) memiliki kreativitas verbal yang cukup dan tidak ada subyek penelitian kelompok eksperimen yang memiliki kreativitas verbal yang rendah c) hasil analisis Uji-U dengan signifikansi 0 000 menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang berarti dan berpengaruh pada peningkatan kreativitas verbal pada siswa sekolah dasar melalui pemberian permainan tradisional. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada a) guru bidang studi bahasa Indonesia diharapkan menggunakan permainan tradisional cublak-cublak suweng dan gotri ala gotri yang telah dipraktikkan oleh peneliti untuk meningkatkan kreativitas terutama kreativitas verbal pada siswa sekolah dasar b) peneliti lanjutan disarankan melakukan uji ahli terlebih dahulu terhadap permainan tradisional yang akan di gunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/100612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |