Pengembangan bahan ajar berpidato untuk siswa SMP/MTs / Sriwijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berpidato untuk siswa SMP/MTs / Sriwijayanti

Sriwijayanti (2012) Pengembangan bahan ajar berpidato untuk siswa SMP/MTs / Sriwijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci penelitian dan pengembangan bahan ajar berpidato siswa SMP/MTs Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa 1) menulis dan berbicara merupakan keterampilan berbahasa produktif dan ekspresif yang berguna dalam penyampaian ide atau perasaan 2) sebagian besar siswa kesulitan dalam menemukan dan menuangkan ide ke dalam teks pidato 3) berpidato sebagai bentuk keterampilan berbahasa individual yang harus dikuasai siswa 4) berpidato baik dalam arti tulis maupun lisan bisa dipelajari 5) keterampilan berpidato berperan penting di kehidupan kini maupun yang akan datang 6) terbatasnya bahan ajar yang mengkhususkan atau sebagai pelengkap buku bahasa Indonesia yang menuntun pada penguasaan berpidato secara berkelanjutan (menulis teks pidato dan berpidato). Adapun tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah 1) menghasilkan bahan ajar pidato untuk SMP/MTs yang menarik dari segi tampilan 2) menghasilkan bahan ajar pidato untuk SMP/MTs yang menarik dari segi bahasa 3) menghasilkan bahan ajar pidato untuk SMP/MTs yang layak dari segi isi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan Borg dan Gall. Berdasarkan prosedur tersebut terdapat empat tahap prosedur penelitian yakni (1) tahap prapengembangan (2) tahap pengembangan (3) tahap uji coba produk dan (4) tahap pascapengembangan. Pelaksanaan pengembangan dilakukan berdasarkan temuan analisis kebutuhan bahan ajar yang dilakukan pada tahap prapengembangan. Produk hasil pengembangan selanjutnya diujicobakan untuk mengetahui kelayakan produk yakni melalui tiga kelompok uji yang meliputi (1) uji ahli yakni ahli materi pidato dan ahli pembelajaran (2) uji praktisi yakni guru dan (3) uji siswa kelas IX-C MTs. Al-Muttaqin sejumlah 27. Data dalam penelitian ini berupa data numerik dan data verbal. Data numerik yakni berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli praktisi dan siswa terhadap produk. Data verbal dibedakan menjadi data tertulis dan data lisan. Data tertulis berupa catatan komentar kritik maupun saran-saran yang dituliskan oleh subjek coba pada format penilaian bahan ajar sedangkan data verbal lisan berupa informasi lisan ketika wawancara langsung dengan ketiga kelompok uji. Hasil wawancara selanjutnya ditranskripsikan agar dapat dianalisis. Hasil pengembangan berdasarkan analisis data kuantitatif dari aspek tampilan bahan ajar secara keseluruhan yaitu dari ahli materi ahli pembelajaran guru dan siswa persentase kelayakan sejumlah 75% persentase kelayakan dari aspek kebahasaan sejumlah 85% dan persentase kelayakan dari aspek isi bahan ajar sejumlah 89 9%. Data yang digunakan pada penelitian tidak hanya kuantitatif tetapi juga kualitatif. Oleh karena itu peneliti juga menggunakan data kualitatif sebagai bentuk pertimbangan untuk merevisi bahan ajar. Simpulan dari penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar berpidato untuk siswa SMP/MTs ini termasuk kategori layak dan bisa diimplementasikan. Akan tetapi sejumlah revisi dilakukan pada bagian-bagian yang mendapat kritik dan saran dari subjek uji coba. Dengan demikian hasil penelitian pengembangan bahan ajar ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan saran bagi beberapa pihak. Bagi guru diharapkan penelitian pengembangan ini dapat dimanfaatkan untuk menyusun bahan ajar secara mandiri dan lebih kreatif. Bagi peneliti lain prosedur penelitian pengembangan bahan ajar ini dapat menjadi pedoman untuk melakukan penelitian serupa. Selanjutnya produk pengembangan dapat disebarluaskan dalam forum MGMP dan ditulis dalam jurnal penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10060

Actions (login required)

View Item View Item