Dampak pengembangan agrowisata terhadap pola kehidupan petani di Kecamatan Bumiaji Kota Batu / Ardhia Rana Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak pengembangan agrowisata terhadap pola kehidupan petani di Kecamatan Bumiaji Kota Batu / Ardhia Rana Putri

Putri, Ardhia Rana (2020) Dampak pengembangan agrowisata terhadap pola kehidupan petani di Kecamatan Bumiaji Kota Batu / Ardhia Rana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Pengembangan agrowisata akan menyebabkan perubahan pada kehidupan sosial budaya dan ekonomi pelaku usaha agrowisata. Penelitian terdahulu menyatakan adanya dampak positif dan negatif dari pengembangan wisata terhadap petani dan masyarakat sekitar. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel di dua desa yang memiliki agrowisata terbanyak serta variasi spasial yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi pola kehidupan petani di Desa Tulungrejo dan Desa Bumiaji berdasarkan variabel sosial budaya dan ekonomi dan (2) menganalisis dampak pengembangan agrowisata terhadap pola kehidupan petani di Desa Tulungrejo dan Desa Bumiaji berdasarkan variabel sosial budaya dan ekonomi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dan wawancara dengan instrumen berupa kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 44 responden petani dengan pembagian proporsi responden 14 orang dari Desa Tulungrejo dan 30 orang dari Desa Bumiaji. Teknik analisa data menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan agrowisata di Desa Tulungrejo menyebabkan dampak negatif pada interaksi sosial petani dan berdampak positif pada kemampuan manajemen sumber informasi pemenuhan kebutuhan dan biaya produksi. Perkembangan agrowisata di Desa Bumiaji berdampak positif pada interaksi sosial kemampuan manajemen sumber informasi dan pemenuhan kebutuhan sedangkan untuk biaya produksi tidak terdampak Kata Kunci Pola Spasial Kehidupan Pola Kehidupan Sosial Pola Kehidupan Budaya Pola Kehidupan Ekonomi Petani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100088

Actions (login required)

View Item View Item