Improving Learning Berbasis Pengalaman Diri Sebagai Model Pembelajaran Dalam Membentuk Jiwa Kewirausahaan Anak Putus Sekolah Di Kabupaten Blitar - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving Learning Berbasis Pengalaman Diri Sebagai Model Pembelajaran Dalam Membentuk Jiwa Kewirausahaan Anak Putus Sekolah Di Kabupaten Blitar

Winarno, Agung and Siswanto, Ely (2016) Improving Learning Berbasis Pengalaman Diri Sebagai Model Pembelajaran Dalam Membentuk Jiwa Kewirausahaan Anak Putus Sekolah Di Kabupaten Blitar. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M).

[img] Text
83403-81575-1-PB.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kewirausahaan merupakan kegiatan yang terus ditumbuh kembangkan di Indonesia. Saat ini mulai bennunculan para wirausahawan dari berbagai kalangan, seperti dari kalangan ibu-ibu rumah tangga, mahasiswa, karyawan, dan lain sebagainya. Pertumbuhan wirausaha di Indonesia lebih berpusat di daerah perkotaan. Daerah perkotaan yang radat menjadikan peluang bisnis yang besar bagj peluang usaha. Hal ini mehyebab k~ri teija:di·nya ketimpangan ekonomi antara daerah perkotaan dan pedesaan. Pada awalnya kewirausahaan sering dijmnpai dalarn dunia bisnis, nrumm akhir-akhir ini berkembang dari berbagai aspek kehidupan. Pelaku kewirausahaan tidak hanya dimiliki olch para wiras\vasta atau usahawan kaya, namun kepada setiap orang yang mempun) ai kemauan keras dan me niiki optimis serta kreatititas misalnya, petani,karyawan, guru, mahas-iswa, anak jalanan, dan la.in sebagainya. Pendidikan kewirausahaan dapat menjadi media proses pembentukan agen perubahan yang luar biasa di segala sektor. Tidak semua orang harus menjadi wirau5ahawan untuk merasakan keuntu gan pendidikan kewirausahaan, tetapi semua orang perlu menjadi lebih berjiwa wirausaha. Pendidikan kewirat.:sahaan adalah pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsi.p dan metodologi ke arah inter:1alisasi nilainilai kewirausahaan pada peserta didiknya melalui kurikulum y<>.ng terintegrasi . Hansemark (I 998) menegaskan bahvva tujuan utama pendidikan kewiraJsahaan adalah untuk membangun kemampuan, pengetahuan, dan pembetukan karakter yang penting bagi aktivitas kewirausahaan. Dengan demikian pendidikan kewirausahaaan seharusnya mampu membentuk wirausaha dengan meningkatkan pengetahuan tentang bisnis dan membentuk r.tribut psiko!ogi seperti kepercayaan diri, penghargaan terhadap diri sendiri dan efikasi diri. Anak putus sekolah cenderung pasif dalam berpikir, karena mereka berpikir bahwa dengan usaha maupun tidak hidup mereka akan sama saja. Hal illilah yang menyebabkan anak putus sekolah sulit berkembang. Pola pikir inilah yang harus dirubah untuk memberikan kesempatan ·ke·pada ana:k putus sekolah menjaiankan kehidupan yang sama dengan kita. Dalam hal ini penulis inJin melakukan penelitian tentang pengembangan model pembelajaran Improving Learning berbasis pengembangan diri untuk membentukjiwa kewirausahaan bagi anak putus sekolah.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Laporan Karya Ilmiah FEB
Depositing User: Users 237 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:18
Last Modified: 09 Jun 2023 03:10
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/921

Actions (login required)

View Item View Item