Analisis keterampilan menggunakan kata penghubung dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang / Avitaruna Dwi Anggriawati

Anggriawati, Avitaruna Dwi (2019) Analisis keterampilan menggunakan kata penghubung dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang / Avitaruna Dwi Anggriawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anggriawati, DwiAvitaruna. 2019. AnalisisKetrampilanMenggunakanKata PenghubungdalamKaranganNarasiSiswaKelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang. Skripsi, Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar, JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ahmad Taufiq, M.Pd. (II) Dra. Nihayati, S.Pd, M.Pd Kata Kunci :Analisis, kata penghubung, karangannarasi Karangan narasi merupakankarangan yang didalamnyamenyampaikanataumenceritakanrangkaianperistiwaataupengalamanmanusia yang terjadidalamsuaturangkaianwaktu. Menuliskarangannarasiperlumemperhatikantatabahasa yang digunakan, salahsatunya kata penghubung. Kata penghubungdibagimenjadi 2 macam, yaitu kata penghubungkoordinatifdan kata penghubungsubordinatif. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmenganalisisketrampilanmenggunakan kata penghubungmeliputi kata penghubungkoordinatifdan kata penghubungsubordinatifdalamkarangannarasisiswakelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif, jenispenelitian yang digunakanyaitupenelitiandeskriptif yang bertujuanuntukmendeskripsikanpenggunaan kata penghubungdalamkarangannarasi. Sumber data diperolehdarihasilkarangannarasisiswa.Teknikpengumpulan data yang digunakanyaitupemberiantes. Subyekpenelitianyaitusiswakelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang yang berjumlah 39 siswa. Ketrampilanmenggunakan kata penghubungsiswaditunjukkandenganjumlahkesalahan yang terdapatpadamasing-masingkategori kata penghubung. Terdapatjumlahkesalahanpenggunaan kata penghubungkoordinatifyaitusebanyak 194 kata penghubungdari 722 kata penghubungkoordinatif, danjumlahkesalahandalampenggunaan kata penghubungsubordinatifyaitusebanyak 33 kata penghubungdari 356 kata penghubungsubordinatif yang ditemukanpada 34 hasilkarangannarasisiswa. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwatingkatketrampilansiswadalammenggunakan kata penghubungsubordinatiflebihtinggidibandingkandengantingkatketrampilansiswadalammenggunakan kata penghubungkoordinatif. Dari penelitianinibagikepalasekolahdiharapkandapatmenyediakanfasilitaspendukungdalampembelajaran. Bagi guru diharapkandapatmemperhatikanketrampilansiswadalammenggunakan kata penghubung, terusmengingatkan, danmembimbingsiswabilasiswamelakukankesalahandalammenggunakan kata penghubung. Penelitiselanjutnyajugadiharapkandapatmenambahkanaspek yang akanditelitiuntukmengetahuiketrampilansiswadalammenggunakan kata penghubung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6985

Actions (login required)

View Item View Item