Rahman, Rizky (2019) Teacher's and eleventh grade students' attitude toward the use of Bahasa Indonesia (L1) in EFL classroom / Rizky Rahman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Rahman Rizky.2019.SikapGurudanSiswakelasXIterhadapPenggunaanBahasa Indonesia(L1)dikelasBahasaInggris.Tesis.Program PascasarjanaPendidikan BahasaInggris UniversitasNegeriMalang.Pembimbing (1)Dr.EnnyIrawati M.Pd.(2)Dr.UtariPrabaAstuti M.A. KataKunci guru siswakelasXI sikap BahasaIndonesia kelasBahasaInggris. Dalam kontekspengajarandanpembelajaranbahasaasing dikelasBahasa InggrismeskipunbahasayangdipakaiadalahbahasasasaranyaituBahasaInggris penggunaanBahasapertamatidakterhindarkansehinggagurudansiswatidakdapat menghindariuntukmenggunakannya.Thesisinimenggambarkantentangsikapguru dansiswakelassebelasterhadappenggunaanbahasapertama(BahasaIndonesia)di kelasBahasaInggris.Sikapmemilikitigakomponenyaitu afektif tingkahlaku dan kognitif.Studiinimengambilsatukomponen afektifyangmanaperasaandanemosi gurudansiswaterhadappenggunaanbahasapertamadigambarkan. Studiinidilaksanakandiduasekolah yaituSMAN1danSMAN2Kandangandi KabupatenHuluSungaiSelatan ProvinsiKalimantanSelatan.Desainpenelitianyang dipakaiadalahsurveydesain.Partisipandalam studiiniadalahdelapanorangguru BahasaInggrisdan339siswakelasXI.Datadikumpulkanmelaluiprosesperekaman yangmanakuesionerdiberikankepadagurudansiswadanwawancaradiberikan kepadaguru. Temuanmenunjukkanbahwagurumenunjukkansikapnegatifterhadap penggunaanBahasaIndonesia sedangkansiswamenunjukkanperilakupositif.Hallain yangditemukanadalahgurumenyadaritentangpentingnyapenggunaanBahasaInggris sebanyakmungkindikelas.Bagaimanapunjugamerekatidakdapatmenolakperlunya penggunaanBahasaIndonesiauntukkondisitertentu. Berdasarkantemuantersebutdisimpulkanbahwasebagianbesargurumemilih menggunakanBahasaInggrisdikelasuntukmemberikaninstruksikepadasiswa. Namunkarenatidaksemuasiswamampumemahamiinstruksidalam BahasaInggris penggunaanBahasaIndonesiatidakdapatdihindari.Selanjutnya disarankanbahwa meskipunpenggunaanBahasaIndonesiadisukaiolehsiswa gurutidakharuslangsung menggunakannyasebagaimediainstruksi.Karenasiswamemilikitingkatkemampuan BahasaInggrisyangberbedapenggunaanBahasaIndonesiatidakdapatdihindari namunketikatingkatkemampuanBahasaInggrismerekameningkatpenggunaan BahasaIndonesiaharusdikurangi. Untukpenelitianselanjutnyayangberhubungandengantopikini disarankan untukmemuatempatkeahlianberbahasa yaitu mendengarkan berbicara membaca menulis sertahal-hallainnyayangberhubungandengankebahasaandanpengajaran bahasasehinggapenelitiantersebutakansangatbermanfaatuntukpengajaranbahasa terutamasekalipengajaranBahasaInggris.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Apr 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |