Alfiah, Alfitriatun Nurun (2015) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Karangmenggah Wonorejo Pasuruan / Alfitriatun Nurun Alfiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Alfiah AlfitriatunNurun. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning untukMeningkatkanKeaktifanSiswadanHasilBelajarSiswaKelas V SDN KarangmenggahWonorejoPasuruan. Skripsi JurusanTeknologiPendidikan FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Anselmus J. E. Toenlioe M.Pd (2) Dr. AgusWedi M.Pd. Kata Kunci Problem Based Learning keaktifan danhasilbelajar Hasilobservasidalampembelajaran IPA di kelas V SDN Karangmenggahmasihmenekankanpadaaspekpengetahuandanpemahamanmateri. Guru lebihbanyakberceramahsertamemberikanlatihansoal-soalpadabukupaketMetodetersebut membuatsiswakurangaktifdalampembelajaransehinggadapatmempengaruhihasilbelajarsiswa. Atasdasarpermasalahantersebut penelitimenerapakan model Problem Based Learninguntukmeningkatkankeaktifansekaligushasilbelajarsiswa. Tujuandaripenelitianiniadalah (1) menerapan model Problem Based Learningdalam proses pembelajaranpadamatapelajaran IPA kelas V SDN Karangmenggah.(2) meningkatkankeaktifansiswadenganditerapkannya model Problem Based Learning padamatapelajaran IPA kelas V SDN Karangmenggah. (3) meningkatkanhasilbelajarsiswasetelahditerapkannya model Problem Based Learning padamatapelajaran IPA kelas V SDN Karangmenggah. PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas model Kemmisdan Mc. Teggart. Subjekdalampenelitianiniyaitusiswakelas V SDN KarangmenggahWonorejoPasuruan.Tahapdalampenelitianini (1) perencanan (2) pelaksanaan (3) pengamatandan (4) refleksi di setiapsiklusnya. Instrumenpenelitianiniberupa (1) pedomanwawancara (2) pedomanobservasi (2) soal-soaltes.Hasilpenelitinmenunjukkanpeningkatankeaktifandanpeningkatanhasilbelajarterbuktipadasiklus 1 denganpersentase (66 66%) meningkatmenjadi(94 87%) padasiklus 2. Penelitianinimenunjukkanbahwapenerapan model Problem Based Learning padamatapelajaran IPA dapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswakelas V SDN Karangmenggah. Saran yang dapatdiberikandaripenelitiadalah (1) guru dapatmemotivasisiswadenganmemberikanpenghargaanterhadapkinerjasiswa agar siswalebihantusiasmengikutipembelajaran. (2) guruperlumembiasakandiriuntukmenyajikanpembelajaran yang lebihmenyenangkansepertidenganmenerapkan model Problem Based Learning padamatapelajaran lain danmembiasakansiswanyauntuksenantiasapercayadiridenganhasilkerjanya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/550 |
Actions (login required)
View Item |