Perbedaan rerata hasil belajar dalam mata pelajaran perakitan PC menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas X TKJ di SMK Sore Tulungagung / Ahmad Fathulloh Al Kafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan rerata hasil belajar dalam mata pelajaran perakitan PC menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas X TKJ di SMK Sore Tulungagung / Ahmad Fathulloh Al Kafi

Al Kafi, Ahmad Fathulloh (2017) Perbedaan rerata hasil belajar dalam mata pelajaran perakitan PC menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas X TKJ di SMK Sore Tulungagung / Ahmad Fathulloh Al Kafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al Kafi Ahmad Fathulloh. 2017. Perbedaan Rerata Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Perakitan PC menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Student Team Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Kelas X TKJ di SMK Sore Tulungagung JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (II) Dr. Hary Suswanto M.T. Kata kunci Think Pair Share Student Team Achievement Divisions hasil belajar Berdasarkan hasil observasi di SMK Sore Tulungagung proses pembelajaran di kelas tidak semua siswa aktif dalam kegiatan diskusi karena ada siswa yang mengandalkan teman sekelompoknya sehingga siswa yang aktif akan semakin aktif dalam kelompok dan siswa yang pasif akan semakin pasif. Oleh kerana itu sebagian nilai siswa dalam suatu kelas mengalami ketidak tuntasan dalam mencapai kriteria kelulusan minimal (KKM) yang diterapkan sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mata pelajaran Perakitan PC melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi tata letak komponen komputer di kelas X program keahlian TKJ SMK Sore Tulungagung. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Quasi Experimental Design. Bentuk desain quasi experiment yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design.Pada penelitian ini kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran Think Pair Share (TPS) sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD). Pada saat pemberian perlakuan dilakukan juga observasi di kedua kelas untuk mengetahui aktifitas siswa yang terjadi selama proses pembelajaran. Langkah selanjutnya adalah memberikan posttest pada kelompok eksperimen dan kontrol untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang nampak pada kedua kelompok tersebut. Berdasarkan semua hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Rerata hasil belajar dalam mata pelajaran perakitan PC menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas X TKJ di SMK Sore Tulungagung untuk ranah sikap dengan rata-rata nilai 85 98 ranah pengetahuan dengan rata-rata nilai 82 36 dan ranah keterampilan nilai rata-rata nilai 86 59 (2) Rerata hasil belajar dalam mata pelajaran perakitan PC menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas X TKJ di SMK Sore Tulungagung untuk ranah sikap dengan rata-rata nilai 82 24 ranah pengetahuan dengan rata-rata nilai 80 61 dan kontrol ranah rata-rata nilai 80 92 (3) Terdapat perbedaan signifikan efektifitas dan efisiensi rerata hasil belajar dalam mata pelajaran perakitan PC menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) sebagai kelas experimen dan Student Team Achievement Divisions (STAD)sebagai kelas kontrol padakelas X TKJ di SMK Sore Tulungagung (4) Efektifitas dari nilai rata-rata dari kelas kontrol adalah 79 3218 lebih rendah dari kelas eksperimen yang mendapat rata-rata 81 076. Efisiensi dapat diketahui setelah dilakukan perlakuan nilai rata-rata dari kelas eksperimen meningkat. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata dari pretest sebesar 52 0322 lalu pada posttest meningkat menjadi 81 4154. ABSTRACT Al Kafi Ahmad Fathulloh. 2017. The Differences of Average Learning Outcomes in PC Assembly Subjects Between Applying TPS and STAD Learning Model on 10th Grade Students of Computer and Network Engineering SMK Sore Tulungagung Department of Electrical Engineering Faculty of Technical University of Malang. advisor (I) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (II) Dr. Hary Suswanto M.T. Keywords Think Pair Share Student Team Achievement learning outcomes Based on the observation in SMK Sore Tulungagung the learning process in the classroom is not all the students are active in the discussion because there are students who depend on the group s friends so that the active students will be more active in the group and the passive students will be more passive. Therefore some of the students in a class experience a lack of completeness in reaching the minimum passing criteria (KKM) applied by the school. This research is intended to know the comparison of learning result of PC Assembly subjects through the application of Think Pair Share (TPS) learning model with Student Achievement Team Division (STAD) learning model on computer component layout in class X of TKJ SMK Sore Tulungagung skill program. Sampling using purposive sampling technique. This type of research is an experimental research with quantitative approach. The method used in this research is Quasi Experimental Design method. The quasi-experimental design of the experiment used in this study is Nonequivalent Control Group Design. In this study experimental class is given ThinkPad Pair Share (TPS) learning instruction while the control class is given by Student Achievement Divisions (STAD) learning exercises. At the time of giving treatment also conducted observations in both classes to determine the student activities that occur during the learning process. The next step is to posttest the experimental and control groups to determine the differences in learning outcomes that appear in both groups. Based on all the results of research and data analysis performed it can be concluded as follows (1) Average learning outcomes in PC assembly subjects using Think Pair Share (TPS) learning model on students of class X TKJ at SMK Sore Tulungagung for the attitude aspect with average Average 85.98 the realm of knowledge with an average of 82.36 and the average skill realm of 86.59 (2) Average of learning outcomes in PC assembly subjects using learning model of Student Achievement Team Division (STAD) on Student class X TKJ at SMK Sore Tulungagung for attitude aspect with average 82 24 knowledge area with average 80 61 and The average domain control 80.92 (3) There is a significant difference of effectiveness and efficiency of average learning outcomes in PC assembly subjects using Think Pair Share (TPS) as an experimental class and student achievement team (STAD) with control class in X TKJ at SMK Sore Tulungagung (4) the effectiveness of the mean of the control class is 79.3218 lower than the average experimental class. Efficiency can be determined after the average exercise of the experimental class is increased. This is evidenced by the average value of pretest of 52.0322 then on the posttest increased to 81.4154.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 00:39
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46363

Actions (login required)

View Item View Item