Pegembangan E-Modul Pembelajaran PPKn dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Demokrasi Pada Siswa di Kelas XI SMK PALAPA Mojokerto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pegembangan E-Modul Pembelajaran PPKn dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Demokrasi Pada Siswa di Kelas XI SMK PALAPA Mojokerto

Fiansyah, Alif Al (2023) Pegembangan E-Modul Pembelajaran PPKn dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Demokrasi Pada Siswa di Kelas XI SMK PALAPA Mojokerto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era sekarang ini yang mana perkembangan teknologi sangat pesat membuat segala aspek kehidupan harus siap diintegrasikan dengan teknologi dan internet, dan ini terjadi juga pada bidang Pendidikan. Setiap pembelajaran dikelas diharuskan untuk tetap berjalan dan teknologi juga harus masuk kedalam pembelajaran tersebut. Adanya teknologi seperti itu membuat beberapa aspek dalam pembelajaran juga ikut bergeser kearah modern, salah satunya sumber literasi berupa modul. Di masa sekarang modul tidak lagi hanya dibuat dari lembaran kertas, namun juga ada beberapa modul yang dibuat dan diintegrasikan dengan teknologi, yakni e-modul. E-modul sendiri bisa dibuat dan diakses melalui teknologi-teknologi berbasis internet dan non internet. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk pengembangan berupa e-modul pembelajaran PPKn dalam materi demokrasi dan dinamika demokrasi di Indonesia pada kelas XI di SMK Palapa. Adanya E-Modul ini juga diharapkan bisa mengatasi permasalahan yang menyangkut semangat dan antusias siswa dalam belajar, terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode dalam penelitian ini menggunakan Research and Development model ADDIE. Langkah dalam penelitian ini berupa a) analyze, b) design, c) develop, d) implement, dan e) evaluate. Pada tahap analisis terdapat beberapa tahap yang dilalui, antara lain adalah analisis awal, analisis kesenjangan proses belajar, analisis tugas, analisis fasilitas penunjang, dan analisis strategi pembelajaran. Dilanjutkan dengan langkah design yang dilalui dengan tahap penyusunan dan pembuatan E-Modul dengan materi yang dipilih, menyusun tema E-Modul, dan menyusun gambar maupun video dalam E-Modul. Setelah itu pada tahap pengembangan dimulai dengan membuat konsep pembelajaran, membuat E-Modul yang dikembangkan dan melakukan review serta perbaikan. Serta dalam tahap implementasi dilakukan implementasi E-Modul yang disertai dengan beberapa penilaian produk yakni uji validasi ahli materi, dan validasi ahli media pembelajaran dan dilanjutkan ujicoba keefektivan produk, pretest dan post test, uji coba kelompok kecil, serta ujicoba kelompok besar. Waktu penelitian dalam penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2023 sampai Mei 2023 di SMK Palapa. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah ahli materi, ahli media pembelajaran, guru pengampu mata pelajaran PPKn dan siswa SMK Palapa kelas XI A, XI B, dan XI C. Teknik analisis data dilakukan dengan cara kualitatif diskripsi naratif berupa reduksi data dan kuantitatif numerik serta prosentase dengan cara analisis data dengan skala Likert 1-5. E-Modul pembelajaran PPKn dalam materi demokrasi dan dinamika demokrasi di Indonesia ini memenuhi kevalidan dari ahli media pembelajaran, dan ahli materi pembelajaran. Pada ahli media pembelajaran mendapatkan skor 70 dari 75 skor maksimal dan masuk dalam kategori sangat valid, dan pada ahli materi mendapatkan skor 42 dari 50 skor maksimal dan masuk dalam kategori sangat valid. Setelah itu dilakukan uji efektivitas produk dan produk e-modul yang dikembangkan dinyatakan efektif karena memperoleh hasil belajar dengan rata-rata 74,3 dan masuk dalam kategori baik. Selanjutnya dilakukan uji pretest dan post test yang dalam tes ini menggunakan 20 soal pilihan ganda. Hasil dari uji ini adalah nilai tes siswa dinyatakan meningkat dari sebelum menggunakan produk, dan setelah menggunakan produk yang dikembangkan. Rata-rata nilai pada pretest adalah 68,4 dan untuk post test adalah 79,9. Selanjutnya dilakukan ujicoba kelompok kecil dan pada uji tersebut produk dinyatakan sangat baik karena memperoleh skor 546 dari 600 skor maksimal dari angket respon siswa kepada 12 siswa. Ujicoba kelompok besar adalah tahapan selanjutnya dari Langkah ini, dan pada tahapan ini mendapatkan skor 4700 dari 5200 skor maksimal dimana hasil tersebut dinyatakan sangat baik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:33
Last Modified: 25 Sep 2023 03:33
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4422

Actions (login required)

View Item View Item